Retribusi Parkir di Pekanbaru Bakal Dikutip BLUD Dishub

Rabu, 06 November 2019 - 20:20:13 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru M Noer

BETUAH.COM, PEKANBARU - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bakal diberi kewenangan mengutif retribusi parkir terhitung Januari 2020 mendatang.

Sejauh ini, retribusi parkir di Pekanbaru dikelola pihak ketiga atau rekanan. Namun dari hasil evaluasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, pendapatan daerah dari parkir masih jauh dari target yang diharapkan.

"Karena selama ini dikelola pihak lain, sehingga belum termonitor dan tergali secara maksimal. Perkiraan kita potensi 10, tapi kita baru dapat 6 atau 7, kan belum maksimal," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer, Rabu (6/11/2019).

Untuk mengalihkan pengelolaan parkir dari rekanan ke BLUD, terang Noer, pemerintah kota membutuhkan payung hukum baik berupa peraturan daerah (perda) maupun peraturan walikota (perwako). Dinas Perhubungan bertugas melakukan kajian.

"Payung hukum perlu kita siapkan, itu penting," tegasnya.

Nantinya, lanjut M Noer, dalam aturan baru tersebut pungutan tidak lagi berbentuk retribusi, tetapi diganti menjadi jasa pelayanan. "Tarifnya disesuaikan dengan biaya operasional BLUD," tutup mantan Kepala Disdukcapil Pekanbaru ini.

BLUD sendiri merupakan salah satu unit kerja yang berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD/OPD). BLUD dibentuk dengan tujuan memberikan pelayanan maksimal dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. (abd)



Baca Juga Topik #Pemerintah Kota Pekanbaru+
Business

Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Sehat Tahun 2019

Selasa, 19 November 2019
Business

Lowongan 346, CPNS Pekanbaru Sudah Dilamar 1.652 Orang

Selasa, 19 November 2019
Business

125 Veteran Terima Sagu Hati dari Pemko Pekanbaru

Senin, 11 November 2019
Tulis Komentar +
Berita Terkait+