Kondisi Jalan Soekarno-Hatta di Pekanbaru Memprihatinkan

Ahad, 20 Januari 2019 - 19:49:42 WIB Cetak

Kondisi badan Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan SPBU kawasan Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, yang mengalami kerusakan dan digenangi air.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Kondisi Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan SPBU kawasan Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau, mengalami kerusakan cukup parah.

Pantauan betuah.com di lapangan, Sabtu (19/1/2019) malam kemarin, badan jalan nasional yang hancur dan berlubang itu digenangi air sehingga pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas di jalan tersebut.

Tampak pengendara khususnya roda dua kesulitan saat melintas jalan berlubang yang digenangi air itu. Bahkan, tak sedikit pengendara yang nyaris terjatuh. Kondisi jalan yang rusak, diperparah dengan lampu penerangan jalan yang tak menyala.

"Kerusakan jalan ini sudah berlangsung lama, namun tidak kunjung diperbaiki," sesal Kahar, salah seorang warga setempat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi menyebut, untuk memperbaiki kerusakan jalan nasional itu pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas PU Riau dan Kementerian PU. 

"Karena untuk memperbaiki kerusakan jalan nasional, itu bukan kewenangan kota. Ada tiga yang berwenang dalam pengelolaan jalan di Kota Pekanbaru ini, pertama pemerintah kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," ungkapnya.

"Kita tidak bisa melangkahi aturan yang ada. Misalnya, ada kerusakan di jalan nasional atau provinsi, kita harus koordinasi dulu kepada mereka. Sementara untuk jalan kota, bisa kita tanggunglangi persoalannya," ulas Indra.

Dari data Dinas PUPR Pekanbaru, berikut ruas jalan provinsi di Kota Pekanbaru yang pemeliharaan/perbaikannya merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau ;  

Pertama Jalan Arifin Ahmad sepanjang 4,25 kilometer (KM) , Jalan Hang Tuah 8,54 KM, Jalan Yos Sudarso 8,32 KM, Jalan SM Amin 5,16 KM, Jalan Tuanku Tambusai 7,52 KM, Jalan Akses Siak IV sepanjang 5,39 KM, Jalan Riau Ujung - Pantai Cermin sepanjang 18,57 KM dan Jalan Simpang Sudirman (Harapan Raya) - Simpang Kayu Ara sepanjang 19,07 KM.

Selanjutnya Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 13,21 KM, Jalan HR Subrantas 5,60 KM, Jalan Badak - Simpang Kawasan Industri Tenaya 2,75 KM, Simpang Pramuka - batas Kabupaten Siak 22,94 KM, Jalan Naga Sakti 2,57 KM, Jalan Riau 1,77 KM dan Jalan Riau ujung sepanjang 1,85 KM.

Sementara untuk ruas jalan nasional di Kota Pekanbaru yang pemeliharaan/perbaikannya merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat di antaranya Jalan SP Palas - Batas Kota sepanjang 11,80 KM.

Kemudian Jalan Siak II 9,60 KM, Batas Pelalawan - Sikijang Mati 9,10 KM, Jalan Jenderal Sudirman 7,69 KM, Jalan Simpang Kayu Ara - batas Kabupaten Pelalawan 3,60 KM, Jalan HR Subrantas - batas Kabupaten Kampar 1,50 KM, Jalan Kaharuddin Nasution - Marpoyan 6,76 KM, Simpang Kaharuddin Nasution (Pasir Putih) - Simpang Kayu Ara 18,20 KM, Simpang Panam - Simpang Air Hitam/Jalan Garuda Sakti 3,55 KM dan Simpang Air Hitam - Simpang Gemar Menabung sepanjang 8,30 KM. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+