Download our available apps

Puskesmas di Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan Kepada Warga
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, memberikan keterangan pers usai penutupan survei re-akreditasi di Puskesmas Langsat, Kecamatan Sukajadi, Kamis (30/11/2023).

Betuah Pekanbaru - Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Pekanbaru, diminta untuk terus meningkatkan dan mengevaluasi pelayanan secara berkala guna memberikan pelayanan maksimal kepada warga.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, pada penutupan survei re-akreditasi di Puskesmas Langsat, Kecamatan Sukajadi, Kamis (30/11/2023).

Ia mengatakan, puskesmas merupakan ujung tombak pemeritah dalam menberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Untuk itu, target puskesmas bukan hanya terakreditasi saja, tapi bagaimana pelayanan bisa lebih ditingkatkan.

Sebab, syarat re-akreditasi puskemas ini adalah peningkatan pelayanan. Makanya, kinerja puskesmas mesti dievaluasi terus-menerus dalam  memberikan pelayanan kepada warga.

Baca Juga

"Keberadaan puskesmas sangat penting dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah atau Universal Health Coverage (UHC). Dalam program ini, kami membutuhkan persiapan peningkatan layanan," ujar Indra.

Makanya, lanjut dia, pelayanan puskesmas perlu terakreditasi dengan baik sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Khusus di Puskesmas Langsat, saat ini semua fasilitas sudah cukup.

"Hanya ada satu kekurangan di Puskesmas Langsat yaitu lahan parkir. Saya selalu berpikir bagaimana caranya agar Puskesmas Langsat ini punya lahan parkir yang representatif," ucapnya.

Untuk itu, Kepala Puskesmas Langsat diarahkan berkomunikasi dengan warga yang rumahnya berada di sekitar puskesmas tersebut guna menyediakan lokasi parkir.***