Download our available apps

Buruh Riau Sampaikan 3 Hal, Diantaranya Pelayanan Kesehatan Belum Sesuai Harapan
Foto bersama buruh dan Pemprov Riau pada peringatan Hari Buruh (May Day) di Gelanggang Remaja, Rabu (1/5/2024).

Betuah Pekanbaru- Buruh Riau yang tergabung dalam berbagai serikat, menyampaikan beberapa aspirasi pada Peringatan Hari Buruh atau May Day, Rabu (1/5/2024).

Aspirasi yang disampaikan di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, yaitu soal harga bahan pokok, kebebasan berserikat serta pelayanan kesehatan yang belum sesuai dengan yang diharapkan.

Penyampaian aspirasi pada peringatan May Day kali ini, disampaikan langsung oleh perwakilan serikat pekerja dihadapan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, Boby Rachmat yang hadir mewakili Pj Gubernur Riau SF Hariyanto.

Koordinator wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Riau, Kormaida mengatakan, pada peringatan May Day tahun ini, pihaknya menyampaikan beberapa tuntutan baik kepada Pemerintah Provinsi Riau maupun kepada Pemerintah Pusat.

Baca Juga

“Harga bahan pokok sekarang terus melambung tinggi, kami minta pemerintah untuk memperhatikan itu,” katanya.

Selain permasalahan harga bahan pokok, pihaknya juga meminta agar pekerja atau buruh diberi kebebasan untuk berserikat. Karena menurutnya hingga saat ini, masih ada pihak pengusaha yang melarang pekerjannya untuk berserikat.

“Selanjutnya juga terkait pelayanan kesehatan, sudah banyak uang buruh yang diambil untuk membayar iuran. Namun pelayanan yang didapatkan belum sesuai yang diharapkan,” sebutnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Boby Rachmat mengatakan, pihaknya sengaja memfasilitasi penyampaian aspirasi para pekerja atau buruh pada peringatan May Day tahun ini, sebagai bentuk penghormatan kepada para pekerja di Riau.

“Ini bentuk penghormatan kepada para pekerja di Riau, kami ingin buruh menyampaikan aspirasi dan harapan dengan suasana penuh kekeluargaan. Aspirasi yang ada, akan kami sampaikan hingga ketingkat pemerintah pusat,” katanya.***

Penulis: MCR