Bupati Kampar Pulang Ba Induok ke Persukuan Domo

Ahad, 26 Januari 2020 - 20:41:08 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat mengunjungi kediaman Datuk Khaidir Majo Indo Persukuan Domo dan ibunda Syamsiah, Minggu (26/1/2020). (Foto Humas Kampar)

Betuah Tapung - Jelang penobatannya sebagai anak kemanakan Persukuan Domo Kenegerian Petapahan, Kecamatan Tapung, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto melakukan tradisi "Pulang Ba Induok".

Pulang Ba Induok sendiri merupakan salah satu persyaratan utama untuk bisa masuk di keluarga besar Persukuan Domo.

Dalam tradisi ini, Bupati Catur Pulang Ba Induok dengan melakukan silaturrahmi atau mengunjungi kediaman Datuk Khaidir Majo Indo Persukuan Domo dan ibunda Syamsiah, Minggu (26/1/2020).

Saat tiba di rumah Datuk Khaidir Majo Indo Persukuan Domo dan ibunda Syamsiah, Bupati Kampar melakukan sembah sujud serta memohon agar diterima sebagai anak kamanakan di Persukuan Domo disaksikan oleh Datuk dan anak kemenakan Persukuan Domo Kenegerian Petapahan, Tapung.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon agar saya diterima sebagai anak dan keluarga di Persukuan Domo, dan ini memang sudah menjadi pilihan saya," ucap Catur.

Usai melakuan “Pulang Ba Induok" langsung dilakukan rapat penobatan Bupati Kampar yang akan masuk di Persukuan Domo. Sesuai jadwal, penobatan akan berlangsung pada 31 Januri 2020 mendatang di Rumah Adat Persukuan Domo Kenegerian Petapahan, Tapung.

Sebelum pengukuhan nanti akan dilakukan pengukuhan Tungkai, Dubalang dan Malin di kediaman Datuk Datuk Khaidir Majo Indo Persukuan Domo. 

Kemudian setelah shalat Jumat dilakukan penobatan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto sebagai anak kemanakan Persukuan Domo ditandai dengan penyerahan dan pemasangan songket dilanjutkan dengan penyampaian dan memperkenalkan Catur Sugeng Susanto sah masuk di persukuan Domo Kenegerian Petapahan kepada seluruh ninik mamak oleh Datuk Datuk Khaidir Majo Indo persukuan Domo Kenegerian Petapahan. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+