3.000 Warga Pekanbaru dan Siak akan Aksi Damai di Kebun PT. SIR

Selasa, 12 Desember 2023 - 14:08:29 WIB Cetak

Betuah Pekanbaru- Ribuan warga dari Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Pekanbaru bersama warga Desa Tualang dan Maredan Barat, Siak, akan menyerbu lokasi perkebunan kelapa sawit PT. Surya Intisari Raya (SIR) untuk melakukan aksi damai.

Menurut Deni Afrialdi, Ketua Aliansi Pemuda Peduli Masyarakat Okura (APPMO), aksi demo besar-besaran itu rencananya akan digelar warga tiga wilayah pada Kamis (14/12/2023).

"Kita ingin menuntut hak 20% kebun kemitraan dari PT. SIR sebagaimana diatur dalam Undang Undang dan Peraturan Pemerintah lainnya. Sekaligus menyampaikan beberapa hal menyangkut syarat perpanjangan Hak Guna Usaha atau HGU, seperti CPCL atau CPP yang diduga tidak sesuai dengan apa terjadi di lapangan," tutur Deni.

Menurut Deni, sebagaimana dilansir dari AmiraRiau.com, warga Okura dan warga 2 desa lainnya merasa bahwa inilah saatnya untuk melakukan aksi terhadap perusahaan.

Aksi demo ini akan dilakukan pada satu titik di kebun PT. SIR. Semua terkoordinasi dengan baik dan merupakan aksi murni dari masyarakat yang haknya belum dipenuhi oleh perusahaan.

Ini Tanah Kami!
Sekretaris APPMO, Danang Sufrianda, menegaskan bahwa aksi damai tersebut untuk menegaskan kembali bahwa Okura, Tualang dan Maredan Barat selama ini selalu dijadikan penonton di negerinya sendiri.

"Ini negeri kami! Ini tanah kami! Tempat kami mencari nafkah. Namun hamparan luasnya hutan dan tanah yang subur itu tidak bisa kami nikmati. Padahal telah ada aturan ataupun Undang Undang yang mengatur untuk warga tempatan," tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan Jonhor Amin, Ketua RW 05 Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

Menurut Jonhor yang didampingi Yong Norman, apa yang tengah diperjuangkan adalah hak masyarakat tempatan.

"Telah banyak yang kami lakukan untuk memperjuangkan hak masyarakat. Aksi damai ini mungkin adalah puncak dari perjuangan masyarakat demi kepentingan bersama," ujarnya.

Aksi Damai
Untuk melakukan aksi damai di areal perkebunan PT. SIR, Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Melayu Riau, mewakili masyarakat Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Desa Tualng dan Desa Maredan Barat, sudah menyampaikan surat pemberitahuan aksi damai kepada Kapolresta Pekanbaru, Selasa (12/12/2023).

Aksi itu, dalam surat keterangan yang yang disampaikan kepada AmiraRiau.com, akan dilaksanakan Kamis (14/12/2023) pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai.

Jumlah massa yang akan berpartisipasi dalam aksi lebih kurang 3.000 orang dengan penanggungjawab Heri Ismanto, S.Th.I, Ketua AMA Melayu Riau. Sementara koordinator aksi, masing-masing Deni Afrialdi (Okura), Riko Kurniawan (Maredan Barat) dan M. Yafis (Tualang).

Pihak perusahaan yang dikonfirmasi melalui Humas PT. SIR, tidak kunjung menjawab konfirmasi tertulis yang dikirimkan via WA, Senin (11/12/2023) sore.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, aksi ini merupakan tindak lanjut dari perjuangan masyarakat Okura dalam menuntut hak kebun kemitraan seluas 20% dari HGU yang diusahakan PT. SIR selama ini.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+