Bupati Kampar Resmi Sandang Gelar Adat Datuk Rajo Batuah

Kamis, 06 Februari 2020 - 21:48:15 WIB Cetak

Proses penobatan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto sebagai Payung Panji Adat dengan gelar Datuk Rajo Batuah, di Balai Adat Kampar, Kamis (6/2/2020).

Betuah Bangkinang - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, resmi menyandang gelar adat Datuk Rajo Batuah.

Penobatan Bupati Catur sebagai Payung Panji Adat yang dipimpin Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) H Syartuni selaku Datuk Paduko Majo itu berlangsung di Balai Adat Kampar, Kamis (6/2/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Catur menyampaikan bahwa adat budaya Kampar melekat dengan tali bapilin tigo, tigo tungku sajarangan yang diartikan, pemerintah, tokoh agama serta para tokoh adat secara bersama-sama dan bersinergi membangun Kabupaten Kampar dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

"Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya juga menitipkan pesan agar para Datuk, Ninik Mamak serta Tokoh Agama untuk senantiasa berpegang teguh kepada Adat, agar Datuk terus menjadi Suri Tauladan bagi anak kemenakan," harapnya.

Menurut dia, ketiga kekuatan di antaranya pemerintah, Ninik Mamak dan ulama bisa bersatu padu saling mengisi, memberi, asah, asih dan asuh, maka pembangunan di sektor-sektor strategis di Kabupaten Kampar dapat berjalan seperti yang diharapkan.

"Adat budaya Kampar yang lekat dengan Adat Basandi Syarak, Syarak bersandi Kitabullah adalah adat yang didasarkan atau ditopang oleh syariat agama Islam yang syariat tersebut didasari pula pada Alquran dan Hadist," ucapnya.

Sementara itu, Ketua LAK H Syartuni mengatakan baru pertama kali di bawah kepemimpinan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Ninik Mamak dimasukan ke dalam Forkopimda Plus yang dinilai sebagai prestasi tersendiri bagi Pemda Kampar.

"Melalui Lembaga Adat Kampar, kita akan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kampar, yang merupakan implementasi dari Tali Bapilin Tigo," ujarnya.

Proses penobatan gelar adat tersebut turut disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Kampar, perwakilan Polda Riau, Sekretaris Daerah Kampar Yusri, Ninik mamak se-Kabupaten Kampar, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+