Anggota Komisi V DPR RI Tinjau Pembangunan Jalan Tol Riau-Sumbar di Kampar

Kamis, 13 Februari 2020 - 21:39:53 WIB Cetak

Anggota Komisi V DPR RI bersama Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, saat meninjau lokasi pembangunan lanjutan jalan tol Riau-Sumbar di wilayah Kecamatan Tambang, Kamis (13/2/2020).

Betuah Kampar - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang dipimpin Syahrul Aidi, meninjau progres pembangunan jalan tol Riau-Sumbar di wilayah Kabupaten Kampar, Kamis (13/2/2020).

Kedatangan Anggota Komisi V DPR RI itu disambut secara langsung oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Peninjauan di lakukan di jalan tol Riau-Sumbar tepatnya di depan Rumah Makan Pak Abas di Desa Sei Pinang, Kecamatan Tambang.

Di sela peninjauan itu, Bupati Catur menyampaikan jika untuk konstruksi pembangunan lanjutan jalan tol Riau-Sumbar itu akan dimulai tahun ini.

Sesuai jadwal, pembangunan tol Riau-Sumbar yang dilaksanakan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan didanai APBN itu tuntas pada 2021 mendatang.

Khusus di wilayah Kabupaten Kampar, nantinya akan dilintasi 3 ruas jalan tol. Pertama rute Pekanbaru-Dumai yang melewati Kecamatan Tapung Hilir dengan panjang jalan tol 15 kilometer. 

Kedua rute Riau-Sumbar yang melewati Kecamatan Tambang, Kampa, Rumbio Jaya, Kampar Utara, Bangkinang, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar dengan Panjang 97.81 KM. "Selanjutnyk rute ketiga tol Pekanbaru-Rengat yang melewati Kecamatan Tambang, Tapung dan Siak Hulu sepanjang 61 KM," ungkap Catur.

Selain itu, nantinya akan ada juga Rest Area yang dibangun di 2 tempat di Kabupaten Kampar. Pertama di Desa Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang dan kedua di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar (Area Sekitar Waduk PLTA Koto Panjang) dengan Exit Toll di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang dan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang.

Untuk itu, melalui tinjauan tersebut diharapkan pembangunan lanjutan tol Riau-Sumbar bisa segera diselesaikan oleh Pemerintah Pusat.

"Sehingga masyarakat Kabupaten Kampar bisa merasakan akses jalan yang nyaman dan lancar yang juga akan mendukung peningkatan perekonomian masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi yang merupakan putera asli Kabupaten Kampar ini akan mengupayakan agar pembangunan lanjutan tol Riau-Sumbar itu bisa segera terealisasi.

"Kita harapkan, tahun 2021 mendatang pembangunan lanjutan jalan tol ini sudah bisa difungsikan," harap dia. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+