Menristek Resmikan PLTBg dari Limbah Sawit di PKS Terantam Tapung Hulu

Jumat, 06 Maret 2020 - 23:07:12 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto foto bersama Menristek dan rombongan pada peresmian PLTBg di PKS Terantam, Jumat (6/3/2020).

Betuah Kampar - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berkapasitas 900 Kilowatt atau setara dengan 900.000 watt di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Terantam di Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Jumat (6/3/2020).

Peresmian PLTBg dari limbah sawit ini turut dihadiri Staf Khusus Bidang Ekonomi Inovasi Robert Simanjuntak, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Hammam Riza, Deputi Bidang Teknologi Informasi dan Material Eng Eniya Dewi, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kapolres Kampar AKBP M Kholiq, serta Direktur Utama PTPN V Jatmiko Krisna Santosa.

Dikatakan Menristek, apa yang telah dilakukan oleh PTPN V khususnya PKS Terantam dalam pemanfaatan limbah sawit sangat patut diberikan apresiasi karena telah membuat inovasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita berharap ke depan akan ada inovasi-inovasi baru lainnya dari PKS yang ada di Kabupaten Kampar sesuai dengan kemajuan zaman," ucapnya.

Menurut Menristek, untuk bisa maju dan berkembang diperlukan inovasi. Seperti yang dilakukan PKS Terantam yang memanfaatkan sesuai yang tidak bernilai menjadi sangat bernilai. Dari limbah tidak berguna, diolah menjadi tenaga listrik yang sangat bermanfaat.

"Semoga dengan berbagai inovasi yang dilakukan, ke depan akan menjadikan daerah kita lebih maju lagi," harap dia. 

Sementara itu, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan apresiasi kepada PKS Terantam yang sukses mengolah limbah sawit menjadi PLTBg yang tentunya sangat bermanfaat.

"Dengan adanya pembangkit ini, selain difungsikan untuk perasional perusahaan, diharapkan juga bisa dialirkan kepada masyarakat sekitar perusahaan yang masih membutuhkan tenaga listrik," pintanya.

Dikatakan Catur, jika di tiap PKS di Kampar bisa melakukan inovasi serupa baik dalam pemanfaatan limbah cair menjadi biogas maupun pemanfaatan limbah padat menjadi biomes, maka Pemkab Kampar akan melakukan MoU atau kerjasama dengan perusahaan bersangkutan.

"Sehingga (PLTBg) bisa dikembangkan dan bisa dinikmati mayarakat," tutupnya. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+