Tunjukkan Gejala Corona, Seorang Penumpang di Bandara SSK II Langsung Dievakuasi

Selasa, 24 Maret 2020 - 14:03:08 WIB Cetak

Tim medis menggunakan APD saat mengevakuasi seorang penumpang yang menunjukan gejala terjangkit virus corona di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Senin (23/3/2020) sore. (ANTARA/HO-KKP Pekanbaru)

Betuah Pekanbaru - Tim medis Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, mengevakuasi seorang penumpang karena menunjukkan gejala Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, Senin (23/3/2020) sore.

Penumpang dengan tujuan penerbangan Pekanbaru-Jakarta itu langsung dievakuasi petugas ke rumah sakit setelah alat pendeteksi suhu tubuh medeteksi suhu tubuh penumpang bersangkutan lebih dari 38 derajat celcius.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru Syarifuddin mengatakan, penumpang yang merupakan warga Jakarta itu hendak pulang usai melakukan kunjungan ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Namun saat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sesuai prosedur penanganan Covid-19, petugas Aviation Security Bandara SSK II mendeteksi panas badan calon penumpang tersebut di atas normal.

"Iya benar, hasil pemeriksaan petugas Aviation Security, suhu tubuhnya terdeteksi 38 derajat celcius ke atas. Saat diobservasi ada gejala (Covid-19) sehingga kami rujuk ke rumah sakit," ungkapnya, Selasa (24/3/2020).

Saat dilakukan evakuasi terhadap penumpang berjenis kelamin laki-laki itu, petugas medis dilengkapi alat pelindung diri (APD) lengkap.

Saat ini, terang Syarifuddin, penumpang dimaksud sudah dirawat di ruang isolasi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Pekanbaru dan masuk dalam daftar pasien dalam pengawasan (PDP).

Selama dalam perjalanan dari Bandara hingga menunggu mendapat ruang isolasi di rumah sakit, penumpang tersebut sangat kooperatif.

"Untuk memastikan kondisinya, pasien akan diambil sampel terlebih dahulu dan dikirim ke laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+