Bandara SSK II Kembali Beroperasi, Diskes Riau Siap Bantu KKP Periksa Penumpang

Jumat, 08 Mei 2020 - 22:22:14 WIB Cetak

Ilustrasi penerbangan/net

Betuah Pekanbaru - Penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jumat (8/8/2020) kembali dibuka. Sebelumnya, aktivitas penerbangan sempat ditutup guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Taufik menyebut, kembali dibukanya penerbangan di Bandara SSK itu sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan. 

Penerbangan yang dibuka hanya untuk melayani kepentingan tertentu dan tidak setiap hari menggunakan Bandara SSK II.

"Bandara SSK II sudah dibuka namun hanya untuk kepentingan tertentu. Seperti kepentingan dinas, bisnis dan kepentingan lainnya sesuai yang ada dalam peraturan Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan jika pihaknya siap membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam memeriksa kesehatan penumpang yang keluar masuk ke Kota Pekanbaru.

"Memang tugasnya KKP untuk memeriksa penumpang itu, tapi kami menyiapkan petugas juga. Jadi kalau sewaktu-waktu diminta, kami langsung kirim," ujarnya.

Selain di bandara, lanjut Mimi, tenaga kesehatan juga akan ditempatkan di pelabuhan dan terminal. Pasalnya, selain bandara, dua tempat itu juga akan kembali beroperasi.

"Pelabuhan dan terminal tentunya iya juga, namun ini juga tergantung permintaan," ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Riau dr Indra Yovi menyampaikan, kembali beroperasinya moda transoprtasi penerbangan dan bandara merupakan warning bagi semua pihak untuk traking pasien yang bepergian dari luar Riau dan masuk ke Riau.

"Peringatan bersama ini dilakukan supaya tidak ada penyebaran virus Covid-19 dari luar ke Riau," tegasnya. 

Untuk itu, ia pun meminta KKP Pekanbaru untuk memaksimalkan langkah pencegahannya dalam mendeteksi suhu tubuh dan memeriksa penumpang di bandara.

"Kita minta tolong teman-teman di KKP untuk lebih maksimal lagi dalam memeriksa penumpang," tuturnya. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+