6.243 Pekerja Parekraf di Riau Terima Bantuan Balaksa dari Kemenparekraf

Jumat, 28 Agustus 2020 - 14:47:53 WIB Cetak

Foto Media Center Riau

Betuah Pekanbaru - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), memberikan bantuan berupa bahan pokok lauk siap saji (Balaksa) kepada 6.243 pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) terdampak Covid-19 di Provinsi Riau.

Mereka yang mendapat bantuan merupakan pekerja yang dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun unpaid leave lebih dari 3 minggu belakangan.

Adapun bantuan yang diterima terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg, tepung terigu 1 kg, kecap manis 520 ml, 2 buah sardines kaleng 155 gr, 2 kotak teh celup dan mie sagu 1,5 kg.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Keamanan Adi Deriyan Jayamarta, bertempat di Gedung Anjungan Seni Idrus Tintin di Kota Pekanbaru, Jumat (28/8/2020).

Adi Deriyan Jayamarta mengatakan, bidang pariwisata merupakan sektor paling pertama terdampak Covid-19. Pasalnya, wisatawan sudah mengalami penurunan sejak Februari 2020 lalu dan semakin menurun pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah.

"Hal ini tentunya berdampak kepada aktivitas dan pekerjaan para tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di Provinsi Riau," ucapnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Riau Syamsuar menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk pekerja seni dan pelaku kreatif lainnya di Riau. 

"Bantuan sebanyak 6.243 paket sembako tentu sangat membantu saudara-saudara kita yang sangat terdampak baik pekerja seni, pekerja hotel dan pekerja di bidang industri kreatif ini," ucapnya.

Lebih lanjut Gubernur Riau Syamsuar juga menjelaskan beberapa ivent pariwisata di Provinsi Riau terpaksa dibatalkan karena belum adanya tanda-tanda penurunan sebaran Covid-19 di Provinsi Riau. 

"Di Riau pintu kedatangan International masih ditutup baik itu pelabuhan laut maupun udara masih ditutup, sehingga kita mengoptimalkan wisatawan dalam negeri di kondisi new normal ini," ujar dia.

Acara tersebut turut dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan sekaligus Plt Direktur Penyelenggara Kegiatan (Events) Edy Wardoyo, serta perwakilan dari masyarakat pariwisata dan kreatif Riau, meliputi pekerja hotel, pekerja event, pengelola tempat wisata dan pengelola homestay.***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+