Diumumkan Sore Ini, Ribuan Pendaftar PPDB SMP di Pekanbaru Dipastikan Gugur

Senin, 12 Juli 2021 - 13:17:55 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Kepala Dinas Pendidikan Ismardi Ilyas, saat memantau pelaksanaan PPDB di salah satu SMP negeri.

Betuah Pekanbaru - Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Pekanbaru, sesuai jadwal akan dimumkan secara serentak pada Senin (12/7/2021) sore.

"Sore ini diumumkan, pukul 16.00 WIB," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Senin pagi.

Disampaikannya, ada sekitar 12 ribu calon peserta didik yang mendaftarkan diri ke 45 SMP negeri selama pelaksanaan PPDB terhitung tanggal 5 hingga 10 Juli kemarin.

Jumlah pendaftar yang mencapai 12 ribu orang itu jauh melebihi dari daya tampung sekolah. Yang mana 45 SMP negeri di Pekanbaru hanya bisa menampung 9.120 peserta didik baru. Dengan demikian, ada sekitar 3.000 pendaftar yang dipastikan gugur.

Kepada calon peserta didik yang nantinya tak lulus dalam seleksi PPDB, Ismardi menghimbau agar mendaftar ulang ke SMP swasta. Ia tidak ingin orangtua tetap memaksakan anak-anaknya belajar di sekolah negeri.

"Kita tidak bisa paksakan semuanya masuk negeri. Namun sesuai regulasi dan juknis, itulah peserta didik yang bisa kita terima," tegasnya.

Ismardi memastikan penilaian yang dilakukan terhadap calon peserta didik telah berjalan secara objektif. Ada sejumlah syarat mesti dipenuhi calon peserta didik hingga akhirnya bisa lulus dalam PPDB.

"Kita berpedoman pada data dan berkas dari para calon peserta didik," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+