Disdik Pekanbaru Sebut Harga Seragam Sekolah Berkisar Rp1,7 Juta

Rabu, 22 September 2021 - 21:14:29 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menyebutkan, untuk seragam sekolah yang dibuat melalui Komite Sekolah harganya berkisar di angka Rp1,7 juta per peserta didik.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, standarisasi harga seragam Rp1,7 juta itu telah berkurang dari harga seragam pada 2019 lalu atau sebelum pandemi Covid-19 sebesar Rp1,8 juta.

"Sebelumnya kan harganya Rp1.800.000, namun kita minta ditekan harganya. Alhamdulillah, tahun kemarin (2020) harganya turun jadi Rp1.700.000. Untuk tahun ini masih sama. Tapi teknisnya, itu kita serahkan ke sekolah dan komite," ucapnya, Rabu (22/9/2021).

Meski demikian, Ismardi menegaskan jika peserta didik tidak wajib membuat seragam melakui komite sekolah. Orangtua, lanjut dia, boleh membeli atau membuat seragam di luar.

"Jadi tidak dipaksa di sekolah. Kalau orangtua mau buat di luar, silahkan. Tapi kemungkinan warnanya (seragam yang dibeli di luar) tidak cocok (dengan warna seragam yang dibuat di sekolah)," ujarnya.

Namun apabila seragam di buat di sekolah, terang Ismardi, maka komite sekolah mesti menggelar rapat terlebih dahulu dengan orangtua/wali peserta didik.

"Kalau baju seragam ini dibuat oleh komite sekolah, silahkan saja, tapi kita tidak paksa. Kalau (orangtua) ingin bikin sendiri, silahkan. Kalau melalui komite juga silahkan," ujarnya.

"Tapi sebelum pembuatan seragam, komite harus rapat dulu dengan orangtua siswa. Selain komite, (pembuatan seragam) melalui koperasi sekolah juga bisa, silahkan saja," tutupnya menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+