Pemprov Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir

Senin, 14 November 2022 - 21:23:27 WIB Cetak

BPBD Pekanbaru stanbykan perahu karet di pemukiman warga yang direndam banjir baru-baru ini.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, segera menetapkan status siaga darurat banjir mengingat tingginya curah hujan sejak sepekan terakhir.

"Nanti kita di provinsi akan adakan rapat dulu dengan beberapa OPD terkait untuk penetapan status siaga banjir," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jim Gafur, Senin (14/11/2022).

Penetapan status ini menyusul sudah ditetapkannya status siaga darurat banjir oleh dua daerah di antaranya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Penetapan status siaga ini memang sudah mendesak untuk ditetapkan. Melihat kondisi curah hujan di Riau saat ini mulai meningkat. 

Bahkan beberapa wilayah hampir setiap harinya diguyur hujan. Sehingga diharapkan dengan penetapan status siaga penanganan banjir bisa dilakukan lebih komprehensif. 

BPBD Riau saat ini sudah menyiagakan personel dan peralatan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Hal ini disiapkan sebagai bentuk antisipasi adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah provinsi Riau.

Menyikapi kondisi cuaca saat ini, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada BPBD kabupaten/kota untuk siap siaga. Karena saat ini sudah terjadi peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Sehingga BPBD kabupaten kota diminta meningkatkan kewaspadaan.

"‎Kami sudah sampaikan ke BPBD Kabupaten/Kota, agar semua peralatan dan personel termasuk logistik, semua disiapkan. Kalau memerlukan bantuan segera laporkan kepada kami," tutupnya seperti dikutip dari Media Center Riau.***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+