Pj Walikota Pekanbaru Perintahkan BPBD Petakan Potensi Bencana

Kamis, 02 Maret 2023 - 22:51:48 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan Kapolresta Kombes Pol Pria Budi, memberikan keterangan usai Rakornas Penanggulangan Bencana di Jakarta Internasional Expo Hall B1 dan B2, Jakarta Utara, Kamis (2/3/2023).

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, memerintahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk memetakan potensi bencana.

Perintah itu disampaikannya usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana di Jakarta Internasional Expo Hall B1 dan B2, Jakarta Utara, Kamis (2/3/2023).

Mengusung tema "Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana", rakoornas tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Kapolresta Kombes Pol Pria Budi, Asisten I Masykur Tarmizi, foto bersama Kalaksa BPBD Zarman Candra dan jajaran.  

Disampaikan Muflihun, ia dan Kapolresta Kombes Pol Riau Budi siap berkolaborasi baik antar instansi ataupun komunitas yang ada di tengah masyarakat untuk mengikuti arahan presiden terhadap penguatan resiliensi berkelanjutan dalam menghadapi bencana.

"Untuk itu, saya segera memerintahkan BPBD untuk memetakan potensi bencana di Pekanbaru, seperti potensi banjir, perubahan iklim, dan lainnya," ujar dia.

"Selanjutnya, BPBD harus berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri atau instansi vertikal lainnya untuk sosialisasikan mengenai edukasi bencana dan penanggulangannya kepada masyarakat," ulas Muflihun.

Menurutnya, relawan tanggap bencana juga harus dibentuk terutama di sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas yang ada di masyarakat. Kemudian, pemko juga menganggarkan bantuan langsung sesuai kemampuan APBD untuk anggaran bencana sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Saya juga mengarahkan beberapa OPD terkait untuk memperpendek urusan birokrasi terkait bantuan bencana. Kemudian, kami bersama OPD terkait juga merapatkan barisan mengatur IMB, regulasi, dan tata ruang kota sehingga menghindari potensi bencana," paparnya.

Di sisi lain, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi mengatakan, kepolisian siap mendukung pemko dalam hal penanggulanan, baik pra-bencana maupun pasca bencana. Sejauh ini, koordinasi instansi terkait isu bencana sangat baik.

"Saya bersama Forkopimda sering menggelar rakor dan terjun ke masyarakat terkait hal itu. Ke depan, koordinasi dan kolaborasi antar instansi akan dipertajam lagi sesuai arahan presiden," ucapnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+