Sebut tak Ada Lagi Unggulan, Pj Walikota Pekanbaru: Semua Sekolah Sama

Kamis, 15 Juni 2023 - 19:44:51 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri, para orangtua diingatkan agar tidak memaksakan anaknya masuk ke sekolah yang berada di tengah kota.

Hal itu disampaikan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, guna mengantisipasi penumpukan pendaftar di sekolah-sekolah tertentu pada PPDB SD dan SMP negeri tahun ajaran 2023/2024 yang sesuai jadwal dimulai tanggal 26 Juni hingga 1 Juli mendatang.

"Jangan lah terfokus ke sekolah yang berada di tengah kota saja. Karena memang tidak ada lagi sekolah-sekolah unggulan, sama semua sekolah," tegas dia, Kamis (15/6/2023).

Mengingat sistem PPDB SD dan SMP masih memprioritaskan jalur zonasi, warga atau orangtua calon peserta didik diminta memanfaatkan sekolah yang berjarak lebih dekat dengan tempat tinggal.

"Jadi jangan lagi misalnya tinggal di Panam, tapi berusaha ke SMPN 1, mungkin bisa ambil SMP di sekitaran Panam saja," ucapnya.

Meski saat ini status sekolah unggulan sudah ditiadakan, namun diakui Muflihun masih banyak di antara orangtua yang menginginkan anaknya sekolah di sekolah negeri yang berada di tengah kota. Hal itu pula lantas yang akan menjadi persoalan dalam pelaksanaan PPDB.

"Saya tidak berani garansi PPDB ini tidak ada masalah. Ya namanya semua manusia ingin anaknya sekolah. Jadi kita cuma bisa menyarankan jangan hanya terfokus ke sekolah yang berada di tengah kota saja," ujarnya.

Sementara itu terkait daya tampung SMP negeri yang tidak sebanding dengan tamatan SD, Muflihun menyampaikan di 2023 ini pemerintah kota akan membangun dua SMP negeri dan menambah ruang kelas baru di beberapa sekolah.

"Daya tampung SMP kita hanya 9.000 orang, sementara yang tamat SD ada 20.000 orang. Jadi masih ada 11.000 yang belum bisa tertampung. Untuk itu, secara bertahap kita akan membangun sekolah baru menyesuaikan dengan kemampuan keuangan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+