Indeks Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Pekanbaru Terbaik di Riau

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:33:59 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan di Kota Pekanbaru berdasarkan data dan informasi dari rapor pendidikan versi 2.0, menempati posisi terbaik di Provinsi Riau.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, nilai indeks SPM pendidikan itu diketahui pada sosialisasi rapor pendidikan 2.0 dan perencanaan berbasis data yang difasilitasi Tanoto Foundation kepada pemangku kepentingan di Kota Pekanbaru.

Untuk itu, ia berharap nilai indeks SPM pendidikan tersebut bisa terus dipertahankan ke depannya. Indra pun meminta diberikan bimbingan dan dukungan dari Tanoto Foundation.

"Karena Pekanbaru dari segi pertumbuhan dan perkembangan kota jauh lebih dari daerah kota/kabupaten lainnya di Riau, Pekanbaru juga merupakan representasi dari Riau, sehingga Pekanbaru harus lebih baik lagi," ucapnya, Rabu (30/8/2023).

Sementara itu, Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Riau Wisma Endrimon mengatakan jika Kota Pekanbaru menjadi kota terbaik di Riau dalam capaian penerapan SPM Pendidikan berdasarkan Rapor Pendidikan.

"Indeks SPM Pendidikan Pekanbaru terbaik di Riau. SPM Pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan. Data-data ini tersedia di rapor pendidikan," ungkapnya.

Wisma Endrimon menambahkan, rapor pendidikan daerah versi 2.0 merupakan pengembangan dari platform rapor pendidikan daerah yang diluncurkan pada tahun lalu.

Rapor pendidikan daerah versi 2.0 ini secara jelas menunjukkan indikator utama yang digunakan untuk mengukur indeks SPM atau skor capaian pendidikan.

"SPM Pendidikan ini dapat dijadikan sebagai acuan pemerintah daerah untuk mengukur kualitas pendidikan di daerahnya. Fitur-fitur di versi ini telah dikembangkan untuk mempermudah pemda dalam melakukan perencanaan," ujarnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+