Rawan Karhutla, BPBD Pekanbaru Bentuk MPA Bertuah di Payung Sekaki

Rabu, 13 September 2023 - 21:00:15 WIB Cetak

Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi, saat mengukuhkan MPA Bertuah Kelurahan Bandara, Kecamatan Payung Sekaki.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) Bertuah di Kelurahan Bandaraya, Kecamatan Payung Sekaki.

Beranggotakan 10 orang relawan, MPA Bertuah Bandaraya tersebut dikukuhkan secara resmi oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Masykur Tarmizi, Rabu (13/9/2023).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, pembentukan MPA Bertuah di Bandaraya lantaran kelurahan itu rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla) karena masih banyak terdapat lahan gambut.

"Di Kelurahan Bandaraya itu ibaratnya gambutnya masih banyak sehingga perlu kita kawal secara dini," ujarnya.

Disampaikan Zarman, MPA Bertuah yang telah terbentuk akan menjadi garda terdepan BPBD untuk melakukan pamadaman api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan di Payung Sekaki.

"Nantinya mereka juga sebagai garda terdepan BPBD dalam hal melakukan penanggulangan terhadap karhutla apabila kejadian ada di kelurahan atau kecamatan tersebut," ucapnya.

Ke depannya, lanjut Zarman, MPA Bertuah serupa diharapkan juga bisa dibentuk di setiap kelurahan khususnya yang rawan terjadi kebakaran lahan.

"Jadi, kami minta setelah dari kelurahan ini akan direkrut juga di kelurahan lain yang berpotensi kebakaran seperti Tirta Siak, Air Hitam, itu sangat penting sekali," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+