Tersedia di Seluruh Pasar, Beras SPHP Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Warga

Jumat, 22 September 2023 - 22:57:51 WIB Cetak

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, saat bagi-bagi beras SPHP secara gratis kepada warga, dalam kunjungannya ke Pasar Palapa Pekanbaru, Jumat (15/9/2023).

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menyebutkan, stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

Saat ini, beras yang disubsidi pemerintah tersebut sudah dijual di seluruh pasar rakyat yang ada di Ibukota Provinsi Riau.

"Kemarin saya cek di Pasar Cik Puan, di Pasar Lima Puluh, ketersediaannya banyak. Beras SPHP ini juga tersedia di seluruh pasar rakyat kita," ungkap Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Jumat (22/9/2023).

Dari koordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), kata Ami, sapaan akrabnya, ada persediaan hingga 2 ton setiap minggunya. Persediaan ini menyuplai ke pasar tradisional maupun RPK agar bisa dijangkau masyarakat.

Ia menyampaikan, kualitas beras SPHP tak terlalu jauh dibandingkan beras premium dan harganya pun lebih murah yakni Rp11.500 per kilogram. Kini, sudah banyak warga yang mengonsumsi beras SPHP pasca terjadinya lonjakan harga beras premium di pasaran.

"Kemarin kita ketemu warga dan pedagang, mereka sampaikan mereka sudah pakai beras SPHP ini," ucapnya.

Terkait lonjakan harga beras premium di pasaran, Ami menyatakan jika hal itu akibat petani di daerah penghasil gagal panen sehingga pasokan berkurang dan kemudian berdampak terhadap harga.

"Untuk itu, warga bisa beralih ke beras SPHP karena harganya masih murah," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+