Bantu Evakuasi Pendaki Gunung Marapi, Basarnas dan BPBD Riau Kirim Personel ke Sumbar

Senin, 04 Desember 2023 - 20:26:48 WIB Cetak

Detik-detik Gunung Marapi di Sumatera Barat saat erupsi dan menyemburkan abu vulkanik, Minggu (3/12/2023). (Foto tangkapan layar video amatir di media sosial)

Betuah Pekanbaru - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas Pekanbaru dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, mengirimkan personel untuk membantu mengevakuasi para pendaki Gunung Marapi di Sumatera Barat.

Pasalnya, hingga saat ini masih ada pendaki yang belum turun dari gunung pasca terjadinya erupsi Minggu kemarin.

Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Basarnas setempat dan juga unsur terkait lainnya, pihaknya langsung memberangkatkan personel ke Sumatera Barat pada Senin (4/12/2023) siang.

“Kami berangkatkan 10 orang personel Basarnas Pekanbaru untuk membantu proses evakuasi pendaki Gunung Marapi," ungkapnya.

Sesampainya di lokasi, tim akan langsung berkoordinasi dengan unsur terkait lainnya di lapangan. Pihaknya berharap, agar proses evakuasi lancar dan para korban dapat segera ditemukan.

"Dari Pekanbaru juga ada personel bantuan dari BPBD Provinsi Riau," kata Budi Cahyadi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal juga mengakui jika pihaknya ikut mengirimkan empat orang personel untuk membantu proses evakuasi.

"Kami kirimkan empat orang personel, karena hingga saat ini masih ada pendaki asal Riau yang belum turun," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi pada Minggu (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB. Gunung itu menyemburkan abu vulkanik sekitar 3.000 meter.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Riau Rozita mengatakan dari 75 pendaki Marapi, ada 29 orang yang berasal dari Riau. Sebagian dari mereka sudah turun, dan sisanya 6 orang lagi belum turun.

"Tadi kita kordinasi dengan BPBD Sumatera Barat, masih ada 6 pendaki asal Riau yang belum turun," ujar Rozita saat dikonfirmasi Media Center Riau, Senin (4/12/2023).

Petugas pemantau Gunung Merapi, Ahmad Rifandi mengatakan, erupsi terjadi pada Minggu kemarin pukul 14.54 WIB.

"Tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 m di atas puncak atau sekitar 5.891 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Media Center Riau. 

Dia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 Km dari kawah/puncak.

Diketahui, Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera Barat. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl.***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+