PUPR Pekanbaru dan BWSS Berbagi Tugas Normalisasi Sungai Sail

Selasa, 19 Desember 2023 - 16:51:35 WIB Cetak

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah (kiri), saat memantau uji coba pengoperasian axcavator amfibi di Sungai Sail.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, akan berbagi tugas dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) Wilayah III melakukan normalisasi Sungai Sail.

"Yang ke hilir tanggung jawab mereka (BWSS), dan yang di hulu kita. Kita akan pakai amfibi nantinya," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Selasa (19/12/2023).

Disampaikan Edu, sapaan akrabnya, untuk normalisasi Sungai Sail bersama BWSS itu akan dilakukan pada 2024 mendatang.

"Tahun ini kan normalisasi Sungai Sail belum bisa dilakukan. Jadi 2024 kita ulang komunikasi (dengan BWSS), Insyaallah 2024 kita lakukan normaliasi," ucapnya.

Kemudian sesuai arahan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, lanjut Edu, normalisasi Sungai Sail nantinya mesti memperhatikan izin Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

"Jadi sesuai saran pak sekda, normalisasi sungai itu harus memperhatiakan juga izin lingkungan UKL-UPL nya," tutupnya.

Seperti diketahui, Dinas PUPR Kota Pekanbaru dan BWSS Wilayah III, di 2024 sepakat memperbarui kerjasama untuk melakukan normalisasi Sungai Sail sebagai upaya penanganan banjir di Ibukota Provinsi Riau.

Kerjasama antara Dinas PUPR Kota Pekanbaru dan BWSS sendiri sudah pernah terjalin di tahun 2021 dan 2022. Untuk itu, kerjasama akan kembali dilanjutkan di 2024 mendatang.

Kerjasama penanganan banjir ini diperlukan lantaran banyak pihak yang juga memiliki kewenganan penanganan banjir di Kota Pekanbaru seperti Pemerintah Pusat melalui BWSS dan Pemerintah Provinsi Riau.

Untuk BWSS, ada 13 titik persoalan banjir sesuai masterplan pengendalian banjir Pekanbaru yang menjadi kewenangan mereka untuk menyelesaikan. Sebagian besar kewenangan BWSS itu melakukan normalisasi di aliran sungai.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+