Tahun Ini Pemprov Riau Alokasikan Anggaran Rp109 Miliar Lebih untuk Beasiswa

Senin, 22 Januari 2024 - 23:18:57 WIB Cetak

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Imron Rosyadi

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, di 2024 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp109 miliar lebih untuk bantuan beasiswa baik yang menempuh perkuliahan di dalam maupun luar negeri.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Imron Rosyadi mengatakan, bantuan beasiswa sendiri telah dikucurkan sejak 2019 lalu. Hingga 2023, beasiswa yang dikucurkan sudah mencapai Rp372 miliar lebih dengan jumlah penerima 29.093 orang.

Ia menyampaikan, pemberian beasiswa tersebut dilakukan karena peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan pendidikan merupakan jalan satu-satunya agar dapat sejajar dengan negara lain.

Karena itu, Pemprov Riau terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pemberian beasiswa kepada para mahasiswa asal Bumi Lancang Kuning.

"Terhitung sejak tahun 2019-2023 telah disalurkan beasiswa sebesar Rp372 miliar lebih kepada masiswa Riau. Sedangkan untuk tahun 2024, Pemprov Riau juga kembali menyediakan beasiswa senilai Rp109 miliar lebih," ungkapnya, Senin (22/1/2024).

Disebutkan Imron, bantuan beasiswa ini akan diajukan oleh masing-masing universitas, dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh Pemprov Riau. Pihaknya berharap beasiswa untuk jenjang pendidikan D3 dan S1 ini bisa membantu masyarakat kurang mampu di Riau yang tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kita akan mengundang universitas yang ada di Riau, untuk pengajuan bantuan sosial beasiswa. Persyaratannya nanti disusun sesuai dengan aturan yang ada," ujarnya.

"Tentunya kita akan mengundang seluruh kampus yang ada di Riau. Bisa jadi dalam bulan ini kita buka, tapi kami membahas dulu persyaratannya dengan pihak-pihak terkait," ulasnya seperti dikutip dari Media Center Riau.

Dijelaskan Imron, pada 2023 lalu ada 74 kampus yang mengajukan bantuan sosial beasiswa dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 1.300 lebih mahasiswa. Pengajuan beasiswa ini diajukan kampus-kampus setelah mendapatkan proposal dari mahasiswa. 

"Hampir seluruh universitas baik negeri dan swasta yang mangajukan beasiswa ini. Tahun lalu ada sekitar 1.300 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemprov Riau. Insyaallah, beasiswa lainnya untuk S2 dan S3 juga ada, ketika dibuka akan kami sampaikan," tutup Imron.***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+