Bawaslu Riau Buka Warung Pengawasan di Tiap Kecamatan, Ini Fungsinya

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:44:30 WIB Cetak

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal

Betuah Pekanbaru- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau akan menindaklanjuti setiap dugaan pelanggaran Pemilu, baik itu bersumber dari temuan di lapangan, laporan masyarakat termasuk yang viral di media sosial.

"Bawaslu memiliki dua sumber dugaan pelanggaran pemilu, pertama temuan yang didapat petugas, kemudian laporan masyarakat," kata Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, Selasa (13/2/2024).

Menurut Alnof, Bawaslu akan menindak lanjuti semua laporan masyarakat termasuk yang viral di media sosial dan ini akan ditelurusi dugaan adanya pelangarannya.

"Soal Kades di Kampar yang disuruh mundur bila tak dukung calon tertentu, juga viral ini, setelah kami telusuri, ternyata nggak ada kejadian itu, pejabatnya nggak ada ngomong gitu," katanya

Demikian juga soal dugaan ASN Pemkot Pekanbaru yang diminta untuk tandatangani pernyataan puas atas kinerja Presiden dan wakil presiden yang juga viral di medsos, Alnofrizal mengaku belum mendapat laporan.

"Saya belum dengar, juga belum ada laporan, nanti kita telusuri, dugaan pelanggarannya," tegas Alnof.

Kata Alnof, untuk memudahkan masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran bisa dengan mendatangi warung pengawasan yang dibuka di setiap kecamatan.

"Semua pengawas tergabung di sini, ada di setiap kecamatan, kita buka ditempat-tempat keramaian," tutupnya.

Oleh karenanya, Alnofrizal mengajak masyarakat untuk pro aktif mengawasi jalannya Pemilu.

Masyarakat dapat melaporkan dugaan pelanggaran itu dengan mendatangi kantor Bawaslu di setiap tingkatan atau mendatangi warung pengawasan yang ada di setiap kecamatan.

"Kami sudah atur jadwal piket, masyarakat silahkan laporkan dugaan pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal di Pekanbaru, Selasa (13/2/24).

Menurut Alnof pihaknya sudah membuka posko pengaduan ini 24 jam, dan mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan. Oleh karenanya dengan adanya laporan masyarakat maka mereka akan langsung menelusuri dugaan pelangaran ini.(mcr)***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+