Berikut 4 Prioritas Pembangunan Pemprov Riau Tahun 2025, Termasuk Optimalisasi SPBE

Selasa, 26 Maret 2024 - 09:52:38 WIB Cetak

Forum Perangkat Daerah, Pemprov Riau, menetapkan 4 prioritas tahun 2025.

Betuah Pekanbaru- Pemerintah Provinsi Riau melalui Forum Perangkat Daerah, telah menyusun 4 prioritas pembangunan tahun 2025.

Fungsional Perencana Ahli Madya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Riau, Rudi Hendra Gunawan, prioritas pertama yaitu untuk meningkatkan pelayanan dasar dan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pemenuhan prasarana dasar, pendidikan, kesehatan dan kesetaraan gender.

Kedua, dengan melakukan peningkatan tata kelola pemerintahan berbasis digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel. Melalui optimalisasi penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), peningkatan pelyanan publik inklusi, dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan aset daerah.

“Dengan peningkatan kualitas SDM, profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), sarana dan prasarana. Serta melakukan penataan manajemen bagi ASN,” katanya.

Prioritas selanjutnya ialah dengan melakukan pemerataan insfrastruktur yang berkelanjutan, melalui pemenuhan insfrastruktur dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Untuk pemenuhan insfrastruktur sendiri, pemerintah akan berfokus untuk meningkatkan pemantapan jalan, dan pengembangan sistem jaringan transportasi yang terintegrasi.

Sementara untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup, pihaknya akan berfokus pada upaya penurunan emisi gas rumah kaca, meningkatkan pengendalian terhadap kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, serta penanggulangan bencana dan mitigasi perubahan iklim.

“Kita juga akan meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan energi baru dan terbarukan di Provinsi Riau,” tambahnya.

Kemudian untuk prioritas terakhir, Pemprov Riau akan berfokus pada penguatan ekonomi melalui pertanian, hilirisasi sumber daya alam, penguatan ekonomi masyarakat dan pariwisata berbudaya melayu.

“Sasaran kita itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kemandirian ekonomi, dan menurunkan kesenjangan pendapatan,” tutup Rudi.(mcr)***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+