Jalur Bosda Afirmasi SMA dan SMK Swasta Diserbu Peserta Didik, Disdik Riau Berencana Buka Tahap II

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:54:25 WIB Cetak

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau Roni Rakhmat

Betuah Pekanbaru- Sejak dibuka Selasa (2/7/2024) pukul 00.00 WIB hingga Kamis (4/7/2024) pelaksanaan Kegiatan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Provinsi Riau Jalur Bosda Afirmasi, terlihat di beberapa sekolah sudah memenuhi kuota yang tersedia.

Saking antusiasnya para calon siswa meminati Jalur Bosda Afirmasi ini sudah ada yang keluar rangking. Khusunya, di Kota Pekanbaru SMA dan SMK Swasta di bawah persyarikatan Muhammadiyah menjadi Favorit pilihan calon peserta didik baru.

Seperti di SMAS Muhammadiyah 1 Pekanbaru paling banyak dipilih calon peserta didik baru. Sedangkan untuk jenjang SMK,  SMKS Muhammadiyah 1 Pekanbaru menjadi pemuncak pilihan calon peserta didik baru Jalur Bosda Afirmasi.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Roni Rakhmat kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

Roni menambahkan, untuk Kabupaten Bengkalis sekolah swasta yang paling banyak di minati calon peserta didik baru adalah SMKS Korpri Duri dan SMAS Dharma Bhakti Duri.

Sementara itu, masih dijelaskan Roni, untuk Kota Dumai SMKS Taruna Persada menjadi pilihan terbanyak. Sedangkan, untuk jenjang SMA yang paling banyak dipilih adalah SMAS PGRI Dumai.

Disisi lain, di Kabupaten Pelalawan SMKS Arsya Ganeeta Indonesia menjadi pilihan di jenjang SMK.

"Dengan melihat antusiasme masyarakat yang masih tinggi untuk memilih sekolah melalui Jalur Bosda Afirmasi ini, Dinas Pendidikan Provinsi Riau berencana memperpanjang jadwal pendaftaran.  Dengan membuka penerimaan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Afirmasi Tahap II," ungkap Roni

Hal itu dilakukan sebut Roni, setelah pengumuman Penerimaan Tahap I nantinya.

Untuk diketahui, adapun link pendaftaran Calon Peserta didik baru Jalur Bosda Afirmasi SMA dan SMK Swasta Provinsi Riau adalah http//:ppdb.riau.go.id.

Pada kesempatan itu, Roni juga menyampaikan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, bagi calon peserta didik baru Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta yang mengalami kendala untuk mendaftar lewat aplikasi PPDB Online, maka Dinas Pendidikan Riau melayani Pendaftaran secara offline di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

"Kita juga buka pendaftaran offline pada jam kerja mulai jam 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Kalau, merasa kesulitan mendaftar secara online," ujarnya

Bagi calon peserta didik baru persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi antara lain, dokumen Kependudukan dan Dokumen Akademis serta melampirkan Kartu Indonesia Pintar atau surat Rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota yang menyatakan terdaftar dalam DTKS atau Surat Keterangan terdaftar di DP2KE atau Surat Keterangan Tidak mampu dari Kelurahan.

"Petugas Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan mendata calon peserta didik baru tersebut dan akan menyalurkan ke SMK/SMK Swasta yang di tuju," pungkasnya.(M.Wan)***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+