Komisi IV DPRD Pekanbaru Hearing Dinas Pemadam Kebakaran

Rabu, 23 Juni 2021 Cetak

Betuah Pekanbaru - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, menggelar hearing atau rapat dengar pendapat dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru, Selasa (22/6/2021).

Pada hearing tersebut, DPKP minta dukungan DPRD untuk meningkatkan armada pemadam kebakaran terutama mobil rescue.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar mengatakan, pihaknya akan serius memperhatikan permintaan tambahan mobil pemadam yang disampaikan DPKP.

"Mobil rescue sangat penting. Kota sebesar ini hanya punya mobil rescue satu, itupun sudah hancur karena kecelakaan kemarin. Jadi hal ini jadi perhatian Komisi IV, ketika pembahasan akan kita perjuangkan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning menyebutkan, idelannya untuk satu kecamatan ada 4 unit mobil pemadam.

"Untuk itu, kita minta di-suport oleh Komisi IV sebagai mitra Damkar. Dari dulu saya minta ke pemko idealnya mobil SPM (sentra pelayanan masyarakat) untuk Kota Pekanbaru ada 4," ujarnya.

Khusus untuk mobil rescue, disampaikan Burhan Gurning idealnya Pekanbaru memiliki 4 unit.

"Sehingga kinerja DPKP kota Pekanbaru semakin bagus. Prinsip kami pantang pulang sebelum api padam, walau nyawa taruhannya. Kita minta di-suport, jangan hanya negatifnya saja disorot," tegas dia.

Lanjut Burhan, adapun anggaran yang dibutuhkan untuk empat mobil rescue ini sebesar Rp10 miliar. 

"Sudah kita minta ke pak wali dan sekda, namun sampai sekarang di Renja RKPD kita belum masuk. Karena itu kita minta dukungan Komisi IV untuk membantunya," tutup Gurning. (galeri)

Suasana hearing antara Komisi IV DPRD Pekanbaru dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Komisi IV DPRD Pekanbaru saat hearing Dinas Pemadam Kebakaran

Kepala DPKP Pekanbaru dan jajaran saat hearing dengan Komisi IV.

Komisi IV dan DPKP Pekanbaru saat hearing bahas kebutuhan armada Damkar.