HUT PGRI ke-74, Walikota Pekanbaru Ajak Guru Cetak SDM Cerdas dan Kreatif

Selasa, 26 November 2019 - 17:11:29 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, saat memimpin peringatan HUT PGRI ke-74 di halaman MPP Pekanbaru, Senin (25/11/2019) pagi.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, mengajak guru terus berinovasi guna mencetak generasi muda menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berkualitas, cerdas dan kreatif.

Ajakan itu disampaikan walikota usai memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di halaman kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman, Senin (25/11/2019) pagi.

Menurut walikota, profesi guru bukan hanya sekedar pahlawan tanpa tanda jasa, tapi guru juga merupakan pencetak generasi muda yang telah banyak mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah internasional.

"Tidak sedikit hasil karya guru yang berhasil mengharumkan nama negara. Bisa dikatakan, semua guru disini adalah tokoh pendidikan yang menciptkan kita semua disini,'' ujarnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatan HUT PGRI ke-74 tahuh 2019.

Walikota juga sedikit bernostalgia saat dia masih menjadi pelajar. Menurutnya, guru lah yang mendidik dia menjadi seperti saat ini. Mulai dari belajar membaca hingga berhitung. Bahkan, dia mengaku masih mengingat siapa guru yang mendidiknya sejak sekolah dasar hingga meraih gelar Doktor.

"Sampai kapanpun, mereka selalu ada di hati kita semua dan sampai kapanpun mereka selalu menjadi pahawalan kita. Selamat hari guru dan terima kasih atas jasamu," ucapnya.

Menurut walikota, saat ini beban kerja seorang guru semakin berat. Untuk itu dirinya meminta para guru bersifat ikhlas demi memajukan kehidupan bangsa untuk generasi ke depan.

"Guru jelas adalah seorang pionir. Di tangan gurulah akan hadir calon sumber daya manusia yang akan berkualitas ke depannya. Bangsa yang cerdas juga menjadi peran dari tangan dingin seorang guru," tegasnya.

Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi S.Si, saat menghadiri peringatan HUT PGRI ke-74 tahun 2019.

Terkhusus untuk guru di Pekanbaru, walikota mempunyai tips bagaimana menciptakan generasi milenial yang mandiri, tangguh dan berdaya saing. Salah satunya, guru mestinya memiliki mindset tidak hanya memiliki harapan bisa menjabat sebagai kepala sekolah.

"Melainkan juga seorang pemimpin perusahaan yang mempoduksi produk yang berkualitas yaitu sumber daya manusia. Karena dari gurulah berawal bagaimana menciptakan generasi yang siap hadapi revolusi industri," tuturnya.

Dengan peran guru tersebut, peserta didik mampu menggali potensinya sehingga menuntun Indonesia menjadi tangguh dan berdaya saing. Tak sampai disitu, walikota juga menyebutkan peran guru begitu vital, karena waktunya hampir habis di sekolah untuk memberikan limu kepada peserta didik.

"Lingkungan juga berperan untuk membentuk karakter siswa. Jadi peran guru memperhatikan peserta didiknya, juga berdampak kepada akhlak dan sikap peserta didik ke depannya," katanya.

Terkahir, walikota mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua guru. "Selamat hari guru, semoga niat tulus ikhlas para guru, akan menjadi amal ibadah mereka," tutupnya. (advertorial)



Baca Juga Topik #Advertorial+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+