Bisa Dilihat dari Siak, Gerhana Matahari Cincin Hanya Terjadi 300 Tahun Sekali

Selasa, 03 Desember 2019 - 22:38:24 WIB Cetak

Gerhana Matahari Cincin/Foto/LAPAN

BETUAH.COM, SIAK - Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang merupakan fenomena langka yang terjadi hanya dalam kurun waktu 300 tahun sekali, akan bisa dilihat secara jelas dari Kampung Bunsur, Kabupaten Siak pada 26 Desember mendatang.

Hal itu sesuai pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN), yang lantas merekomendasikan Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Siak, sebagai salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk mengamati fenomena langka tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak bakal menggelar berbagai kegiatan guna menarik minat wisatawan datang ke Negeri Istana guna menyaksikan fenomena GMC 26 Desember 2019.

Adapun kegiatan yang akan digelar nantinya seperti nonton bareng pemutaran Film Iqro My Universe, hiburan Hadroh dan Sholawat serta Orkestra OMOK, penampilan kesenian dan bazar kuliner, Tabligh Akbar, Shalat Gerhana berjamaah, pencatatan museum rekor Indonesia atas kacamata gerhana terbesar, serta akan dimeriahkan oleh grup gambus modern Nissa Sabyan.

Agar berbagai kegiatan yang disusun bisa berjalan lancar, Pemkab Siak terus melakukan pematangan persiapan salah satunya melalui rapat penyambutan GMC di ruang rapat Zamrud, Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura yang dipimpin secara langsung oleh Bupati Siak Alfedri, Selasa (3/12/2019).

"Saya berharap berbagai persiapan dan apa saja yang dibutuhkan dapat segera diselesaikan, agar pada hari H pelaksanaan tidak ada lagi hambatan dan iven ini bisa berjalan dengan lancar," harap Alfedri dalam rapat tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni mengatakan, pihaknya jauh-jauh hari telah mulai mensosialisasikan kegiatan Festival GMC di beberapa sekolah setingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Siak. 

Disampaikan Fauzi Asni, sosialisasi itu bertujuan mengedukasi para pelajar terkait fenomena langka yang terjadi setiap 300 tahun sekali ini.

"Kita ingin generasi muda kita memahami gerhana matahari cincin bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti, melainkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang harus kita sikapi sesuai cara dan tuntunan yang diajarkan agama," ucapnya. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+