Bupati Kampar Ingatkan Kades Agar Amanah dan jadi Pelayan yang Baik

Senin, 30 Desember 2019 - 21:43:46 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, memasangkan tanda jabatan secara simbolis kepada perwakilan kepala desa yang baru dilantik.

BETUAH.COM, BANGKINANG - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, mengingatkan kepada para kepala desa agar amanah dan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, menandatangani berita acara pelantikan 23 kepala desa masa bhakti 2019-2025.

Hal itu disampaikan Bupati Catur saat melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan 23 kepala desa terpilih periode 2019-2025, bertempat di lapangan upacara kantor bupati setempat di Kota Bangkinang, Senin (30/12/2019).

"Jabatan kepala desa adalah jabatan yang diamanahkan oleh masyarakat kepada saudara-saudara. Dengan jabatan ini, bukan berarti anda akan memperoleh kemudahan dan keuntungan, justeru anda harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan," pesannya.

Menurut Bupati Catur, keberhasilan dan kegagalan di dalam penyelenggaraan pemerintahan desa akan dinilai dari sistem pelayanan kepada masyarakat.

"Jadikanlah itu (pelayanan) sebagai suatu kewajiban, bukan malah pelayanan dijadikan sebagai sumber pendapatan," tegasnya mengingatkan.

Kepala desa, terang dia, juga mempunyai tugas melanjutkan pembangunan desa dan menyusun program pemberdayaan masyarakat desa.

"Pembangunan desa menggunakan dua pendekatan yaitu desa membangun dan membangun desa yang diintegrasikan dalam perencanaan pembangunan desa," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Catur juga berpesan kepada kepala desa dalam mengangkat perangkat desa yang diperoleh secara atributif dengan kewenangan mengeluarkan SK pengangkatan perangkat desa tidak boleh bertindak berdasarkan kepentingan pribadi maupun kelompok. 

"Akan tetapi harus tetap didahului dengan mekanisme yang ada dalam peraturan perundang-undangan," ujar dia.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat kepada kepala desa yang baru dilantik. Semoga saudara-saudara nantinya berhasil dan sukses melaksanakan tugas sesuai dengan amanah yang dibebankan kepada saudara semua," harapnya menambahkan.

Turut hadir pada kegiatan itu Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Forkopimda Kampar dan pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+