Investor Korsel Ingin Bangun PLTS di KIT Pekanbaru

Kamis, 30 Januari 2020 - 16:15:25 WIB Cetak

Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina dan Sekretaris DPMPTSP F Rudi Misdian, foto bersama investor Korsel di MPP Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Kawasan Industri Tenayan (KIT) di wilayah Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, semakin ramai dilirik investor baik dari dalam maupun luar negeri. Kini, giliran investor asal Korea Selatan (Korsel) yang tertarik membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan itu.

Demikian disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru El Syabrina, usai memimpin pertemuan dengan investor asal Korsel di ruang pertemuan Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (30/1) siang.

"Pembangkit listrik yang ingin mereka bangun di Kawasan Industri Tenayan ini  ramah lingkungan," ungkapnya.

Investor Korsel tersebut, terang Syabrina, ingin membangun PLTS dengan kapasitas 200 Megawatt. Mereka telah melakukan survei ke sejumlah daerah di Indonesia, dan lebih tertarik di KIT Pekanbaru.

"Investor Korsel ini yakin prospeknya bagus. Makanya, investor ini ingin berinvestasi di KIT," ujarnya.

Dikatakan Syabrina, kehadiran investor Korsel itu merupakan arahan dari Gubernur Riau Syamsuar, mengingat KIT sendiri masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Bapak Gubernur Riau menawarkan investor asal Korsel ini. Apalagi, Kawasan Industri Tenayan ini akan membutuhkan banyak energi. Namun, pertemuan ini masih penjajakan. Saya belum melaporkan hasil pertemuan ini ke walikota," ucap dia.

Lebih jauh disebutkan Syabrina, saat ini PT PLN (Persero) juga tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2x10 Megawatt di KIT,  dan PLTU kapasitas 375 Megawatt oleh PT Medco Ratch Power Riau.

"Sementara investor Korsel ini menawarkan pembangkit listrik yang ramah lingkungan," tutupnya.

Turut mendampingi El Syabrina dalam pertemuan itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP) Pekanbaru F Rudi Misdian, serta perwakilan OPD teknis. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+