Bupati Kampar Ajak Warga Tingkatkan Minat Baca

Senin, 03 Februari 2020 - 22:36:04 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto membaca buku di perpustakaan kantor Arsip dan Perpustakaan, Minggu (2/2/2020).

Betuah Bangkinang - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, mengajak warga  di daerah berjuluk Serambi Makkah Riau itu untuk meningkatkan minat baca guna menambah wawasan tentang berbagai ilmu pengetahuan.

"Sebab, banyak manfaat dan ilmu pengetahuan yang bisa didapat dengan membaca. Baik itu tentang pertanian, perikanan, perkebunan, maupun pengetahuan tentang keagamaan," ujar Catur saat meninjau perpustakaan di kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kampar, Minggu (2/2/2020).

Ajakan membaca, kata dia, juga sesuai anjuran Alquran dalam Surah Iqra yang berarti baca.

"Jadi, dalam agama Islam, kita juga diminta harus bisa membaca. Sebagai manusia, kita harus bisa membaca, baik membaca yang tersurat maupun membaca yang tersirat," ucapnya.

Menurut Catur, membaca bisa dijadikan solusi bagi warga dalam menghadapi berbagai tantangan di kehidupan ini. "Untuk itu, saya berharap masyarakat Kampar dapat memanfaatkan pelayanan perpustakaan yang ada," harap dia.

Dengan membaca, lanjut Catur, warga juga bisa menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. "Karena di pustaka juga menyedikan buku tentang kiat-kiat menjadi seorang entrepreneurship," tuturnya.

Tak hanya warga, Catur juga mengimbau kepada pelajar dan mahasiswa Kabupaten Kampar untuk aktif mengunjungi perpustakaan yang ada di kantor Arsip dan Perpustakaan.

"Karena perpustakaan ini juga menyediakan puluhan ribu buku untuk para pelajar dan kaum intelektual," ungkapnya.

"Membaca juga bisa melatih kemampuan berpikir, meningkatkan pemahaman, serta mengembangkan kualitas dan potensi diri," ulasnya. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+