Kecamatan dan Desa di Kampar Diminta Lebih Kreatif

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:43:11 WIB Cetak

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Kampar Azwan, saat membuka Musrenbang RKPD Kecamatan di Kecamatan Koto Kampar Hulu, di aula KUD Desa Gunung Malelo, Selasa (18/2/2020).

Betuah Kampar - Pemerintah kecamatan dan desa di wilayah Kabupaten Kampar, diminta untuk lebih kreatif serta inovasi dalam mewujudkan program pembangunan.

"Kemudian siapkan data dan proposal, kita mengetuk hati pengambil kebijakan," pinta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Kampar Azwan, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan di Kecamatan Koto Kampar Hulu, di aula KUD Desa Gunung Malelo, Selasa (18/2/2020).

Disampaikan Azwan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar tidak pernah bosan untuk menyampaikan proposal usulan program kegiatan prioritas daerah ke pemerintah provinsi dan pusat.

"Alhamdulillah, berkat usaha dan kerja keras Bupati Kampar dan OPD serta didukung anggota DPR- RI dan DPD, Insyaallah untuk tahun ini lanjutan pembangunan dua jalur jalan nasional dari Kualu ke Danau  Bingkuang dan jalan Prof M Yamin hingga Simpang Panca akan dibangun," ucapnya.

"Untuk itu, mari kita berdoa semoga berbagai usulan program tersebut dapat diwujudkan di tahun-tahun berikutnya," ulasnya.

Menurut Azwan, peluang pembangunan itu sangat banyak baik di pusat maupun di provinsi. Hanya saja perlu usaha dan kerja keras semua pihak.

"Kita perlu nyinyir untuk memperjuangkan pembangunan ini, jalin komunikasi yang baik dengan OPD dan pihak terkait," ujarnya.

Untuk itu Azwan mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam membangun daerah ini. "Usaha ini tidak bisa dilakukan satu orang, tapi perlu  kerjasama, jalin kerjasama antar kepala desa, BPD, kecamatan, kabupaten dan pihak terkait lainnya," pesan Azwan.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Diski menyampaikan bahwa Kecamatan Koto Kampar Hulu merupakan  kecamatan yang berada paling barat di Kabupaten Kampar dan berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga Rokan Hulu dan  Provinsi Sumatera Barat. 

Oleh sebab itu, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kampar memberikan perhatian lebih dalam membangun Koto Kampar Hulu sehingga bisa sejajar dengan kabupaten dan provinsi tentangga.

Pada sesi diskusi yang dipandu Camat Koto Kampar Hulu T S Hidayat, pihak kecamatan menyampaikan usulan prioritas desa, kecamatan dan UPTD kecamatan Koto Kampar Hulu untuk tahun 2021. 

Usulan itu berasal dari 6 Desa, yakni desa Tanjung, Tabing, Sibiruang, Pongkai, Gunung Malelo, Bandur Picak, Kecamatan, UPTD Dispora, UPTD Kesehatan dan UPTD Pertanian.

Usulan prioritas tersebut sebagian besar terdiri dari pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan. Di samping itu ada usulan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata,  bantuan sosial, perkebunan, rumah layak huni, bantuan bibit ikan, jaringan listrik, rumah dinas camat, ruang kelas,  mobiler sekolah, pagar sekolah, turap kantor camat, rumah dinas dokter, pengadaan posyandu, perbaikan Gedung BPP Pertanian dan usulan lainnya. 

Rangkaian kegiatan itu diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan Koto Kampar Hulu oleh Asisten II Setdakab Kampar Azwan, Kepala Dinas Pariwisata Zulia Darma, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aliman Makmur, Kabid SDA Bappeda Azwir dan Kades Gunung Malelo Hidayat Matri. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+