Personel Damkar Pekanbaru Unjuk Kebolehan Terobos Kobaran Api

Kamis, 05 Maret 2020 - 21:32:10 WIB Cetak

Personel Damkar Pekanbaru unjuk kebolehan menerobos kobaran api pada puncak HUT Damkar ke 101 di halaman perkantoran terpadu Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, Kamis (5/3/2020).

Betuah Pekanbaru - Personel pemadam kebakaran (damkar) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPK) Kota Pekanbaru, unjuk kebolehan pada puncak HUT Damkar ke 101 tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di halaman perkantoran terpadu Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, Kamis (5/3/2020).

Terdapat berbagai simulasi yang diperagakan oleh Korps Satria Biru Kota  Bertuah pada kegiatan itu. Mulai dari kemampuan melakukan pemadaman dengan cepat, hingga menerobos kobaran api untuk menyelamatkan warga yang terjebak dalam kejadian kebakaran.

Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning menyebut, simulasi itu merupakan bentuk kesigapan personelnya dalam mengatasi kebakaran dan melakukan evakuasi serta penyelamatan.

"Karena kami tidak fokus hanya melakukan pemadaman kebakaran saja, tapi juga melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan," ucap dia.

Guna meningkatkan kemampuan personel damkar, kata Burhan, pihaknya aktif mengirim personel di berbagai pendidikan dan pelatihan (diklat) baik yang digelar di tingkat provinsi maupun nasional.

Seperti tahun ini, DPKP mengirimkan sebanyak 10 personel untuk mengikuti dikat Satria Biru Indonesia di Ujung Tanjung dan 5 personel akan mengikuti diklat Rescue dan Inspektur di Jakarta.

"Ini merupakan salah satu upaya kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik di bidang rescue maupun pemadaman," ujarnya.

Disampaikannya, saat ini jumlah personel Damkar Pekanbaru sebanyak 200 orang yang terbagi dalam tiga pleton. "Sedangkan armada damkar yang kita miliki berjumlah 17 unit untuk menjaga Pekanbaru dari kebakaran lahan dan bangunan," tutupnya.

HUT Damkar ke 101 ini dipimpin secara langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, dihadiri Walikota Pekanbaru Firdaus, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemko Pekanbaru, serta ratusan personel damkar dari 12 kabupaten/kota. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+