Langgini Kelurahan Percontohan Program Ocu Mapan

Kamis, 05 Maret 2020 - 22:11:33 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat sosialisasi rencana pelaksanaan pilot project program Ocu Mapan di Ujung Pulau Langgini Bawah, RT 3/RW 1, Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kamis (5/3/2020).

Betuah Kampar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, menetapkan Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota sebagai daerah percontohan atau pilot project program Optimalisasi Cara untuk Mandiri Pangan (Ocu Mapan).

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mengatakan, Ocu Mapan merupakan program unggulan pemerintah untuk pengendalian inflasi di daerah.

Disampaikannya, Ocu Mapan bertujuan menstabilkan harga kebutuhan pokok yang sering mengalami kenaikan menjelang hari-hari besar keagamaan. Namun, warga terpaksa tetap membeli karena merupakan kebutuhan.

"Meskipun uang kita pas-pasan, tetapi karena ini kebutuhan maka terpaksa kita membeli juga," ujarnya pada sosialisasi rencana pelaksanaan pilot project Ocu Mapan di Ujung Pulau Langgini Bawah, RT 3/RW 1, Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kamis (5/3/2020).

Untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok warga, sebut dia, maka pemerintah setempat hadir membawa inovasi bagaimana warga ke depannya tidak berpengaruh lagi, dan tidak berdampak lagi oleh adanya inflasi atau kenaikan harga barang.

"Umpannya ada masyarakat yang ingin menanam sayur atau ingin berternak, pemerintah akan memberikan bantuan dan pendampingan yang nantinya diharapkan dapat mengembangkan dan menambah penghasilan warga," ucap Catur.

Karena Itu, Pemkab Kampar menyusun program Ocu Mapan sebagai persiapan bagi warga ketika terjadinya inflasi. Warga tidak akan terdampak karena semua kebutuhan pokok bisa dihasilkan sendiri.

"Harga cabai naik, kita sudah menanam. Harga lauk pauk naik, kita sudah ada, dan nantinya pemerintah akan membantu baik itu bibitnya, pupuknya dan akan dilakukan pendampingan," ungkap Bupati Catur.

Di tempat yang sama dalam sesi tanya jawab, Sekdakab Kampar Yusri menjelaskan jika bantuan yang akan diberi pemerintah daerah pada program Ocu Mapan bukan dalam bentuk uang.

"Yang akan diberikan buka uang, namun barang yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti pupuk dan bibit, serta akan dilakukan pendampingan agar tingkat keberhasilan petani atau masyarakat dapat terus meningkat," terang dia.

Sementara itu, Lurah Langgini menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dipercayakannya Langgini sebagai pilot project program Ocu Mapan.

"Ini tentunya akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat ilmu pengetahuan dan menambah penghasilan. Semoga kegiatan ini betul-betul dapat menguatkan ekonomi masyarakat kami," harap dia. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+