Desa di Kampar Diperintahkan Bentuk Relawan Covid-19

Senin, 13 April 2020 - 22:18:34 WIB Cetak

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, saat video teleconference dengan Gubernur Riau Syamsuar, di aula rumah dinas bupati setempat, Senin (13/4/2020).

Betuah Kampar - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, memerintahkan kepada seluruh kepala desa se daerah berjuluk Serambi Makkah Riau itu agar membentuk Relawan Covid-19.

Dikatakannya, hingga kini masih ada beberapa desa yang tak kunjung membentuk relawan Covid-19. "Untuk itu agar segera di bentuk," pintanya, usai video teleconference dengan Gubernur Riau Syamsuar, di aula rumah dinas bupati setempat, Senin (13/4/2020).

Nantinya, kata Catur, Relawan Covid-19 akan bertugas melakukan pendataan, penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas umum di wilayah desa masing-masing, serta turut berperan dalam menyiapkan ruangan isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Selain itu juga bertugas untuk mendistribusikan sembako yang akan dibagikan pada ODP yang melakukan isolasi mandiri di desa, dan kepada warga yang terdampak langsung penyebaran Covid-19 di desa masing-masing," paparnya.

"Ini adalah upaya kita untuk penghentian penyebaran Covid-19," ulas Catur, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi, Kepala Dinas Kominfo Arizon, Kepala Dinas Pendidikan M Yasir, serta unsur terkait lainnya.

Kepada warga Kabupaten Kampar, ia mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan dengan cara memakai masker saat bepergian serta menghindari tempat-tempat keramaian dan kerumunan.

"Kemudian jaga pola hidup sehat dan bersih, rajin cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas," pesannya.

Terkahir disampaikan Catur, sesuai dengan peraturan dan Keputusan dari pusat, pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp150 juta per desa yang diperuntukkan penyediaan sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, dan bagi ODP serta pembelian APD terkait penanggulangan Covid-19.

Untuk diketahui, hingga Senin (13/4/2020) total ODP di Kabupaten Kampar berjumlah sebanyak 3.822 orang, dengan rincian 1.294 di antaranya masih proses pemantauan dan 2.528 lainnya selesai dipantau.

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 19 orang. Rinciannya, 5 pasien telah dinyatakan sehat, 11 pasien masih dirawat dan 3 pasien lagi meninggal dunia.

Sementara untuk pasien positif Covid-19 tidak ada penambahan atau masih berjumlah 2 orang. (rls)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+