Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban, Riau Impor 550 Sapi Bali dari NTT

Selasa, 14 Juli 2020 - 22:34:01 WIB Cetak

Kepala DPKH Riau Rahmat Setiyawan

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), mendatangkan sebanyak 550 ekor sapi jenis sapi Bali dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala DPKH Riau Rahmat Setiyawan mengatakan, ratusan ekor sapi impor itu guna memenuhi kebutuhan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H/2020 M.

Disampaikannya, sesuai jadwal pengiriman, ratusan ekor sapi tersebut bakal diberangkatkan dari NTT via jalur laut menggunakan Kapal CN2 pada tanggal 17 Juli 2020 menuju Pelabuhan Dumai.

"Kita perkirakan sampai di Dumai itu tanggal 22-24 (Juli 2020). Kalau cuaca bagus bisa 6 hari sampai Dumai," ucap Rahmat, Selasa (14/7/2020).

Selanjutnya, terang dia, setiba di Dumai, sapi-sapi tersebut akan di kandangkan terlebih dahulu di Duri, Bengkalis untuk pemulihan sebelum didistribusikan ke masing-masing kabupaten dan kota setempat menggunakan armada yang disiapkan.

"Dimungkinkan dalam waktu satu Minggu proses recovery tubuh, kemudian ternak baru bisa diecer untuk pembeli. Jadi sudah ada ploting-nya, berapa untuk masing-masing daerah," paparnya.

Selain itu Rahmat mengatakan, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pihak perhubungan pelayaran laut agar jalur pengiriman sapi dari NTT tersebut dapat dijadikan jalur permanen untuk pengiriman sapi, tidak hanya untun kebutuhan sapi kurban tapi juga pengiriman bibit, bakalan dan indukan.

"Ke depannya mungkin akan berkelanjutan ketika kita sudah punya jalur permanan. Jadi tidak hanya untuk pengiriman sapi kurban, tetapi juga untuk pengiriman bibit, bakalan dan sapi betina," tutupnya. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+