BPBD Riau Siagakan 8 Helikopter untuk Tangani Karhutla

Sabtu, 18 Juli 2020 - 21:51:42 WIB Cetak

Helikopter water bombing tengah melakukan pemadaman kebakaran lahan. (dok BNPB)

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, mengaku telah menyiagakan sebanyak 8 helikopter untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau Edwar Sanger melalui Kepala Bidang Kedaruratan Jim Gafur menyebut, delapan helikopter itu terdiri dari 6 unit yang bertugas melakukan pemadaman karhutla dan 2 lagi helikopter patroli.

"Saat ini telah disiagakan 6 helikopter water bombing dan 2 helikopter patroli," ungkapnya, saat memberi keterangan pers di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi di Kota Pekanbaru, Sabtu (18/7/2020).

Seluruh helikopter, kata dia, siap dioperasikan jika ditemukan titik api karhutla yang sulit dijangkau oleh tim darat. Namun jika titik api mudah terjangkau, maka akan mengutamakan pemadaman lewat tim darat.

"Helikopter akan segera diluncurkan jika lokasi kebakaran sangat jauh dari jangkauan yang terkadang lokasi titik api berada di tengah hutan," tuturnya.

Dilanjutkan Jim Gafur, pemadaman dengan water bombing ini sangat dibutuhkan apabila lokasi pemadaman sulit dijangkau melalui akses darat maupun akses sungai.

"Pemadaman water bombing ini sebagai upaya kita agar lebih siaga dalam penanganan kebakaran hutan," pungkasnya. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+