Dishub Riau akan Permudah Travel Ilegal Rubah Plat Hitam ke Kuning

Kamis, 10 September 2020 - 13:39:11 WIB Cetak

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Riau Indrawansyah. (Foto Riauterkini)

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, akan merangkul dan memberikan kemudahan kepada pengusahan travel ilegal untuk merubah plat hitam ke plat kuning.

"Fokus kami ke depan adalah merangkul saudara-saudara kami pengusaha travel terutama yang ilegal untuk mengurus izin trayek dan mengurus perubahan plat hitam ke plat kuning," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Riau Indrawansyah, Kamis (10/9/2020).

Untuk itu, kata dia, Dishub Riau akan melakukan pendekatan secara kultural. Dimana pihaknya akan mendatangi satu persatu pengusaha travel ilegal lalu diajak diskusi. 

Kemudian Dishub Riau sekaligus menginfokan berapa biaya resmi yang dikeluarkan untuk perizinan. Sehingga tidak ada lagi yang dikhawatirkan terkait biaya yang harus dikeluarkan. 

"Kami himbau kepada operator agar mengurus langsung perizinannya tanpa melalui perantara atau calo. Selain itu, kita juga merancang regulasi daerah terkait penataan karoseri agar hulunya terselesaikan," ucap Indrawansyah.

"Sedangkan mengenai kampanye keselamatan berlalu lintas, kami akan memanfaatkan Teknologi Informasi untuk mengedukasi masyarakat terkait kesadaran menjaga keselamatan berlalu lintas," ulas pria yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi ini.

Guna menyukseskan berbagai program kerja yang disusun, Indrawansyah menyebut jika dirinya dibantu oleh tim ahli didominasi anak-anak muda dari berbagai latar belakang profesi.

"Secara swadaya mereka akan membantu saya memberikan sumbang pemikiran untuk kemajuan sektor transportasi di Riau khususnya di bidang angkutan," ujarnya.

"Saat ini kami sedang menyusun panduan pemberlakuan E-Tiket bagi angkutan darat yang terintegrasi dengan berbagai moda angkutan setidaknya kita turut menyumbang pengurangan penggunaan kertas dan meminimalisir produksi sampah, memang tidak mudah tapi kita harus terus bergerak melakukan perubahan kearah yang lebih, terkait kordinasi dengan kabupaten/kota saya sudah membuat group kordinasi Kabid Angkutan se-Riau kita ingin sinergitas Provinsi dan Kabupaten/kota terbangun sehingga Program kerja yang akan dijalankan bisa berkesinambungan, efektif, efisien dan tepat sasaran, dan kita juga mendorong Bidang Angkutan Dishub Kabupaten/ Kota untuk berinovasi menciptakan Rute dan angkutan perkotaan diwilayah Kabupaten/Kota masing-masing dan Dishub Provinsi yang akan mengintegrasikan agar rute-rute tersebut terkoneksi se-wilayah Riau," paparnya menambahkan.

Kesan optimis yang ditampilkan Kabid Angkutan Jalan Dishub Riau yang baru ini perlu didukung semua pihak. Di sela menjalankan tugas pokoknya, Indrawansyah juga mengaku terus merajut koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder yang ada seperti BPTD wilayah IV Riau dan Kepri, Perum Damri, Jasa Raharja, Dirlantas, Organda dan stakeholder lainnya.

Seluruhnya diajak duduk bersama untuk berkontribusi dalam membangun sarana angkutan jalan di Provinsi Riau sehingga misi Gubernur Riau untuk membangun konektifitas di Riau dapat terwujud dan perekonomian juga meningkat. (red)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+