Belajar Tatap Muka di Pekanbaru Dimulai Awal 2021

Selasa, 24 November 2020 - 22:56:45 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mewacanakan belajar sistem tatap muka di tiap tingkatan pendidikan akan mulai diterapkan di awal 2021 mendatang.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, hal itu sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Yang mana, kebijakan belajar tatap muka diserahkan ke daerah mulai awal 2021.

"Jadi, kemungkinan kita mulai awal tahun. Karena informasinya, awal tahun sudah bisa belajar tatap muka, itu informasi langsung dari kementerian," ungkapnya.
 
Untuk itu, sebut Jamil, jelang penerapan belajar tatap muka di awal 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) diminta untuk mempersiapkan seluruh sekolah agar bisa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Seperti menyediakan tempat cuci tangan di tiap sekolah, alat pengukur suhu tubuh, dan tidak kalah penting memastikan seluruh peserta didik menggunakan masker," ucapnya.

Meski ada wacana dibuka di tiap tingkatan pendidikan, lanjut Jamil, namun untuk jumlah peserta didik yang akan mengikuti belajar tatap muka tetap akan dibatasi dalam satu ruangan atau lokal.

"Misalnya kalau jumlah peserta didik 100 orang, hanya separoh yang masuk dalam satu kali pertemuan. Jadi teknisnya nanti diserahkan ke Dinas Pendidikan," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru masih melakukan pemetaan sebaran wabah corona.

Pemetaan ini diperlukan untuk penentuan zona atau wilayah kecamatan yang akan diizinkan melangsungkan belajar tatap muka. Untuk sekolah yang berada di zona merah dan oranye, dipastikan tidak bisa  belajar tatap muka. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+