Tetap Patuhi Prokes, Pemko Pekanbaru Izinkan Bioskop Beroperasi

Rabu, 31 Maret 2021 - 20:16:18 WIB Cetak

Asisten II Setdako Pekanbaru Elsyabrina, di acara nonton bareng Habibie Ainun 3 di hari pertama pembukaan bioskop CGV di Pekanbaru, Rabu (31/3/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, telah memberikan izin operasional kepada pengelola Bioskop untuk membuka usahanya di tengah pandemi virus corona.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru Elsyabrina menyebutkan, dengan beroperasinya Bioskop, diharapkan bisa membantu pemerintah memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.

"Berkali-kali Presiden Joko Widodo terus meminta kepada seluruh kepala daerah untuk bagaimana melakukan pemulihan ekonomi nasional ini. Jadi nggak mungkin dong kita terus terpuruk dengan kondisi yang ada ini, kita harus bangkit," ucapnya, di acara nonton bareng Habibie Ainun 3 di hari pembukaan bioskop CGV di Pekanbaru, Rabu (31/3/2021).

Meski telah diizinkan beroperasi, namun pemerintah kota tetap mengingatkan kepada pengelola Bioskop agar disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"Tentu kita harus tetap berpedoman dengan protokol kesehatan. Semua aturan-aturan harus diikuti," tegasnya.

Misalnya untuk mengurangi kunjungan, kapasitas ruangan bioskop bisa dikurangi hingga 50 persen. Kemudian untuk penonton juga diwajibkan menggunakan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, mengukur suhu penonton sebelum masuk ke lokasi nonton.

Selanjutnya di ruangan Bioskop juga harus diatur jarak duduk antar penonton.supaya tertib dan tidak berdesakan.

"Nah itu yang dilakukan pemko agar perekonomian bisa hidup kembali," ujarnya.

Dengan dibukanya Bioskop, lanjut Syabrina, orang-orang selain menonton juga akan berbelanja seperti membeli makanan. Karena habis nonton biasanya kan lapar. Maka jual beli itu akan terjadi dan perputaran ekonomipun terjadi.

"Nobar yang kita gelar hari ini hanya sebagai momentum awal saja untuk memberitahukan kepada masyarakat kalau bioskop sudah buka. Jadi mereka akan tahu," tutupnya.

Harga Tiket Turun

Sejumlah pengunjung saat membeli tiket di Bioskop CGV Transmart Pekanbaru.

Sementara itu, Cinema Maneger CGV Pekanbaru Lusiana Fitriani menyatakan, pihaknya memberikan pengurangan harga tiket kepada warga yang ingin menonton di Bioskop CGV.

"Untuk harga kita turun. Untuk hari biasa, harga tiket hanya Rp25 ribu sementara untuk weekend harganya cuma Rp35 ribu," ujarnya.

Mengingat Kota Pekanbaru masih di tengah pandemi Covid-19, sebut Lusiana, CGV telah mengambil kebijakan dengan membatasi jumlah pengunjung yakni sebanyak 50 persen dari kapasitas ruangan.

"Jadi kalau kapasitas ruangannya 242, ya yang boleh masuk hanya 121. Pokoknya hanya 50 persen saja. Di dalam ruangan, itu kursinya selang seling," papar dia.

Tak hanya megurangi kapasitas ruangan saja, untuk jam tutup Bioskop CGV juga mengalami pengurangan. "Kalau biasanya kita tutup itu sampai jam 22.00 WIB, saat ini kita hanya buka sampai pukul 20.00 WIB saja. Kita mengikuti aturan dari pemerintah," tegas Lusiana.

Untuk tahap awal, lanjut dia, Bioskop CGV yang beroperasi masih yang di Transmart saja. Sementara untuk CGV lainnya yakni yang berada di Plaza Citra dan juga Holiday masih belum. "Satu persatu kita buka," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+