RSD Madani Pekanbaru Diminta Terus Benahi Pelayanan

Rabu, 25 Mei 2022 - 16:01:11 WIB Cetak

Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi, foto bersama usai launching aplikasi Silapis Ketan, Siturasi Madani dan program Layanan Administrasi Pasien Terpadu RSD Madani.

Betuah Pekanbaru - Manajemen Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, diminta untuk terus membenahi pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru itu.

"Karena masih banyak yang perlu kita benahi di RSD Madani," ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi, usai me-launching dua aplikasi dan satu program layanan RSD Madani, bertempat di rumah sakit setempat, Rabu (25/5/2022) pagi.

Kedua aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Pelayanan Insiden Keselamatan Pasien (Silapis Ketan) dan Sistem Informasi Tata Usaha Rumah Sakit (Siturasi Madani). Sedangkan satu program yang di-launching yakni Layanan Administrasi Pasien Terpadu.

Dua aplikasi dan satu program layanan itu, dikatakan Masykur merupakan salah satu upaya yang dilakukan manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan bagi warga di Ibukota Provinsi Riau.

"Kita berharap inovasi ini akan semakin meningkatkan pelayanan kepada pasien ataupun masyarakat Kota Pekanbaru," harap dia.

Disampaikannya, untuk Silapis Ketan merupakan aplikasi yang sengaja dirancang agar bisa dimanfaatkan warga dalam melaporkan insiden keselamatan pasien maupun keluhan seputar pelayanan di RSD Madani.

"Jadi melalui aplikasi ini, pasien bisa membuat laporan apabila terjadi insiden-insiden terkait keselamatan pasien di rumah sakit ataupun keluhan baik yang sudah terjadi ataupun yang mungkin terjadi seperti atapnya bocor sehingga lantainya basah, terjadi kesalahan prosedur pelayanan, kesalahan pemberian obat, itu bisa dilaporkan pasien melalui aplikasi Silapis Ketan," paparnya.

"Dengan adanya aplikasi ini, kita harapkan tenaga medis kita lebih siap lagi dan lebih berhati-hati dalam melayani pasien," ulas pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BKP-SDM dan Kepala Balitbang ini.

Kemudian aplikasi Siturasi Madani, terang Masykur, ini untuk melakukan tata kelola manajemen rumah sakit dalam bidang keuangan, aset, hingga kepegawaian.

Sementara Layanan Administrasi Pasien Terpadu merupakan program untuk memberikan berbagai kemudahan bagi pasien. Misalnya, bagi ibu hamil yang melahirkan di RSD Madani, pihak rumah sakit akan langsung mengurus akta kelahiran anak.

"Lalu kalau ada pasien yang meninggal dunia, akta kematian juga langsung diberikan dengan berkolaborasi dengan instani terkait," tutup Masykur yang juga pernah menjabat sebagai Camat Bukit Raya ini. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+