Bahas Jabatan Sekwan, Tiga Pimpinan DPRD Pekanbaru Temui Pj Walikota

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:50:43 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Tiga pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru di antaranya Muhammad Sabarudi, Ginda Burnama dan Azwendi Fajri, Selasa (5/7/2022) siang menemui Pj Walikota Muflihun.

Salah satu pembahasan dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja walikota di lantai tiga Mal Pelayanan Publik (MPP) ini terkait jabatan sekretaris dewan (sekwan). Yang mana, saat ini DPRD setempat belum memiliki sekwan definitif dan masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

Sesuai Surat Keputusan (SK) yang sebelumnya ditandatangani oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, jabatan Plt Sekwan yang dijabat Baharuddin berakhir tanggal 3 Juli 2022.

"Iya (terkait jabatan sekwan), tadi pimpinan DPRD datang menemui kita," kata Muflihun, usai pertemuan.

Kepada pimpinan DPRD, ia mengaku telah meminta masukan tentang kriteria sekwan sehingga mampu menjembatani antara pemerintah kota dan wakil rakyat.

"Memang Plt itu sebenarnya tidak diatur, itu hak preogratif walikota. Tapi azas kepatutan dan etika kita sebagai kepala daerah, kita juga menyampaikan ke pimpinan DPRD," ujarnya.

"Intinya kita bertanya kriteria bagaimana yang diinginkan sebagai sekwannya, yang artinya kita jangan adalagi selisih paham lah dengan DPRD," ulas Muflihun.

Namun demikian, pimpinan DPRD tidak ada mengusulkan calon sekwan dan menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah kota.

"Pimpinan dewan tak ada mengarahkan. Pimpinan dewan mempersilahkan saya untuk mencari siapa yang bisa dan mampu kerjasama dengan pimpinan dewan dan juga anggota DPRD," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+