Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Kesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:13:18 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memasang tanda peserta sosialisasi kepada perwakilan mahasiswa.

Betuah Pekanbaru - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi mahasiswa yang dipusatkan di aula pertemuan Hotel Royal Asnof, Rabu (7/7/2022).

Kegiatan yang diikuti perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Ibukota Provinsi Riau ini, dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun.

Dalam arahannya, Muflihun menyampaikan jika dirinya berharap melalui kegiatan itu bisa meningkatkan partisipasi pemilih dan menghasilkan pemilu yang baik.

Untuk itu, kata dia, perlu dilibatkan mahasiswa agar bisa memantau dan mengajak keluarganya memilih pemimpin yang diharapkan mengingat pemilu sangat penting bagi masyarakat Indonesia. 

"Karena dalam pemilu, masyarakat menggunakan hak pilih. Masyarakat memilih orang yang mampu dan bisa memimpin ke depannya. Makanya digelar sosialisasi ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Zulfahmi Adrian menyebutkan, osialisasi tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Diungkapkan Zul, sapaan akrabnya, partisipasi pemilih dalam Pilwako 2017 sebesar 51,9 persen. Sedangkan partisipasi pemilih pada Pilgub Riau 2019  sebesar 61 persen. Partisipasi pemilih dalam Pileg 2019 sebesar 95 persen. 

"Artinya, kita belum mencapai target partisipasi pemilih dalam Pilwako dan Pilgub Riau. Makanya, pemerintah harus meningkatkan partisipasi pemilih," ucapnya.

Dalam sosialisasi ini, Kesbangpol menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, perwakilan Bawaslu Pekanbaru Fitri, serta akademisi Tito Handoko. (rls)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+