Diskes Pekanbaru Sudah Catat 9 Kasus Demam Berdarah

Jumat, 10 Februari 2023 - 20:21:59 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat, hingga pekan kelima tahun 2023 ini sudah terdapat sebanyak 9 warga yang menderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, 9 kasus DBD itu tersebar di 7 kecamatan di antaranya di Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru Kota, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Tenayan Raya, Rumbai dan Rumbai Timur.

"Di Sukajadi ada 1 kasus, Pekanbaru Kota 2, Marpoyan Damai 1, Payung Sekaki 2, Tenayan Raya1, Rumbai 1, serta di Kecamatan Rumbai Timur juga 1 kasus," urainya, Jumat (10/2/2023).

Untuk meminimalisir sebaran wabah DBD, ia mengimbau warga agar selalu melakukan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah.

Sebab, lanjut Zaini, 3 M merupakan langkah paling efektif membasmi jentik nyamuk dan penularan DBD. Apalagi jika dibandingkan dengan fogging.

"Fogging itu hanya bisa membunuh nyamuk dewasa. Nyamuk dewasa itu bisa mati hanya dalam 4 sampai satu minggu. Jadi yang paling efektif adalah membunuh jentiknya dengan 3 M," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+