Sambut Ramadhan, Pj Walikota Silaturahmi dengan Masyarakat dan Mubaligh

Sabtu, 18 Maret 2023 - 14:00:04 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersalaman dengan warga pada kegiatan silaturahmi.

Betuah Pekanbaru - Jelang memasuki Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP menggelar silaturahmi dengan masyarakat, RT/RW, BKMT dan juga mubaligh.

Silaturahmi pertama digelar dengan warga sekaligus RT dan RW dari Kecamatan Bukit Raya, Binawidya, Senapelan, Payung Sekaki, dan Sukajadi, bertempat di rumah dinas Walikota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani, Jumat (17/3/2023) pagi.

Kemudian pada Jumat sore silaturahmi dilanjutkan dengan warga dari Kecamatan Pekanbaru Kota, Lima Puluh, Sail dan Marpoyan Damai.

Selanjutnya, Sabtu (18/3/2023) pagi, Pj walikota bersilaturahmi dengan warga dari Kecamatan Tenayan Raya, Kulim dan Tuah Madani. Sorenya, silaturahmi dilangsungkan dengan warga dari Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur.

Dalam silaturahmi dengan warga dan RT/RW dari 15 kecamatan tersebut, Muflihun menyampaikan berbagai program prioritas pemerintah kota di 2023 ini yang seluruhnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Program ini kita susun karena masyarakat banyak yang sudah apatis (acuh tak acuh) dengan pemerintah. Itu saya buktikan saat kunjungan lapangan karena (masyarakat) merasa tidak diperhatikan. Untuk itu, tahun ini kami buat program yang sifatnya pelayanan dasar," ungkapnya.

Pertama, terang dia, ada bantuan santunan kematian sebesar Rp1 juta bagi ahli waris dari keluarga kurang mampu. "Santunan ini bertujuan membantu meringankan beban ahli waris dalam penyelenggaraan jenazah," ungkapnya.

Kedua, pemerintah kota menyiapkan pelayanan kesehatan melalui program Doctor on Call atau Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis).

"Program doctor on call 24 jam ini bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Melalui program ini, masyarakat bisa menelpon puskesmas apabila membutuhkan pelayanan. Insyaallah, dokter bersama ambulans akan datang ke rumah untuk memeriksa. Ketika tidak bisa diobati di rumah, akan dirujuk ke rumah sakit secara gratis," paparnya.

Kemudian program prioritas yang ketiga yakni memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

"Selain membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan anak, beasiswa ini juga bertujuan mencetak SDM berkualitas. Makanya kita berikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga mahasiswa berprestasi," ucapnya.

Selanjutnya program prioritas yang keempat bantuan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kalau bapak/ibu punya usaha tapi kurang modal, bisa mengajukan pinjaman ke bank yang bekerjasama dengan kita. Nanti kita bantu melalui subsidi bungan pinjaman," ujarnya.

Agar program yang telah disusun bisa tersampaikan dengan baik dan dinikmati warga, Pj walikota berharap adanya peran aktif RT-RW untuk membantu mensosialisasikannya.

"Jadi kepada RT, RW, bantu kami menyampaikan pesan ini kepada masyarakat, supaya program yang kita susun bisa dinikmati oleh masyarakat itu sendiri," harapnya.

Setelah bersilaturahmi dengan warga dan RT/RW, Muflihun melanjutkan silaturahmi dengan para mubaligh yang digelar Minggu (19/3/2023).

"Hari ini saya bersilaturahmi dengan para mubaligh dan mubaligah dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Peran ustadz dan ustazah ini sangat besar dalam merubah warna Pekanbaru ini," tegas dia.

Untuk itu, para mubaligh dan mubaligah diminta membantu Pemko Pekanbaru menyampaikan berbagai program pemerintah seperti masalah kebersihan dengan mengarahkan jemaah agar membuang sampah pada tempatnya.

"Dalam silaturahmi ini, saya juga mengajak para mubaligh dan mubaligah menyampaikan kepada umat agar menghindari politik uang pada Pemilu 2024 nanti," tuturnya.***



Tulis Komentar +
Berita Terkait+