Syahjhon Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum DPP Perkonindo Riau

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:10:47 WIB Cetak

Pengurus terpilih DPP Perkonindo Riau periode 2023-2028

Betuah Pekanbaru - Syahjhon ST, kembali terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Provinsi Perkumpulan Jasa Konsultan Indonesia (DPP Perkonindo) Riau periode 2023-2028 melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) II di Furaya Hotel, Rabu (17/5/2023).

Musprov tersebut juga menetapkan Dicky Prihandany ST sebagi Sekretaris Umum dan Fitri Haryati sebagai Bendahara Umum DPP Perkonindo Riau.

Sementara H Aswandi SE sebagai Ketua Dewan Pembina Provinsi, serta Dr Zulfikar Djauhari MT sebagai anggota.

Pembukaan Musprov II DPP Perkonindo Riau ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas PUPRPKPP Riau diwakili Kepala Bidang Jasa Konstruksi Herdi, disaksikan Wakil Ketua V DPN Perkonindo Ir Enno Yuniarto, Ketua DPP Perkonindo Syahjhon dan ketua panitia Hendri serta Roy Meindo.

Di kesempatan tersebut, Wakil Ketua V DPN Perkonindo Enno Yuniarto menyebutkan, bila melihat konteks pembangunan nasional kita, adalah terwujudnya perekonomian yang maju, mandiri, dan mampu secara nyata memperluas peningkatan kesejahteraan masyarakat berlandaskan pada prinsip-prinsip ekonomi yang menjunjung tinggi persaingan yang sehat dan berkeadilan.

Perkonindo sebagai asosiasi badan usaha bagian dari Konsultan Indonesia adalah unsur penting untuk ikut serta mewujudkan cita-cita nasional tersebut, menetapkan perannya, terutama dalam meningkatkan daya saing bangsa.

"Keterlibatan konsultan menjadi modal penting tidak hanya pada efektifitas dan efisiensi kegiatan pembangunan, tetapi juga harus mampu membuat terobosan baru dalam hal inovasi di bidangnya," ujar dia.

Perkonindo menatap perkembangan masa depan akan sangat dinamis terutama kearah digitalisasi dan artificial intelegent atau dikenal dengan era Revolusi Indusri 5.0 dan 6.

Tantangan industry konstruksi masa depan adalah persaingan dan ketidakpastian sehingga untuk itu kita perlu mengembangkan sistem jasa konstruksi termasuk jasa konsultansi yang dapat mewujudkan struktur usaha jasa konsultansi yang kokoh, handal dan berdaya saing.

Dalam hal peningkatan daya saing Perkonindo tidak hanya berfokus pada produktivitas dan efisiensi, tetapi juga peningkatan kreativitas dan inovasi berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini (state of the art) bagi seluruh insan konsultan Indonesia di bawah asosiasi Perkonindo.

Dikatakan, Perkonindo hari ini dan ke depan harus cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan dinamika tersebut terutama dalam memberikan pelayanan dan pembinaan guna turut serta dalam membantu mewujudkan infrastruktur berkelanjutan, bermutu dan berkeselamatan.

"Sekali lagi infrastruktur berkelanjutan, bermutu dan berkeselamatan," katanya.

Sebagai informasi, Perkonindo juga akan bergerak melayani bidang konsultan non konstruksi yakni, konsultan pengembangan perindustrian dan perdagangan, pertambangan dan energi, pendidikan dan kesehatan, industri pariwisata, survey dan penelitian melalui koordinasi KADIN Indonesia.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP Perkonindo Riau Syahjhon menegaskan bahwa dengan perkembangan jasa konstruksi saat ini, menuntut Perkonindo harus selalu meningkatkan baik organisasinya maupun para pengrusnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada anggota.

Untuk dapat membentuk Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU), maka DPP Perkonindo Riau harus segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk menunjang DPN Perkonindo mendapatkan status terakreditasi.

Selain itu, lanjut dia, DPP Perkonindo Riau segera memfasilitasi konsolidasi anggota untuk melakukan musyawarah-musyawarah untuk mendukung program-program kerja kepengurusan DPP yang defenitif sehingga dapat merekrut anggota di Provinsi Riau.

Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2021, tentang peraturan pelaksanaan UU No. 2 ytahun 2017, tentang Jasa Konstruksi, Perkonindo harus dapat menyikapi dan mengantisipasi agar selalu menjadi organisasi perusahaan dibidang jasa konstruksi yang dapat dipercaya dan menjadi organisasi perusahaan dibidang jasa konstruksi yang terdepan.

"DPP Perkonindo Riau juga dapat harus dapat memfasilitasi dan mengarahkan agar anggotanya juga dapat lulus dan mendapatkan Sertifikat Badan Usaha atau SBU," ujar Syahjhon.

Yang terpenting lainnya, kata Syahjhon, DPP Perkonindo Riau juga harus dapat mempersiapkan anggotanya untuk dapat menjadi badan usaha yang handal dan berdaya saing tinggi, selain harus terus meningkatkan hubungan atau komunikasi, baik dengan lembaga pemerintah, maupun dengan sesama asosiasi di tingkat provinsi.

Berikut nama-nama pengurus DPP Perkonindo Riau periode 2023-2028:

I. Dewan Pembina Provinsi

1. Ketua - H Aswandi, SE
2. Anggota - Dr Zulfikar Djauhari MT

II. Dewan Pengurus Provinsi

1. Ketua Umum - Syahjhon ST
2. Wakil Ketua - Hendri Toman Simanjuntak ST
3. Wakil Ketua - Eko Budhi Hermanto MT
4. Wakil Ketua - Dermawan ST

5. Sekretaris Umum - Dicky Prihandany ST
6. Wakil Sekretaris - Dian Nanda Islami ST
7. Wakil Sekretaris - Bayu

8. Bendahara Umum - Fitri Haryati
9. Wakil Bendahara - Rini Wahyuni
10. Wakil Bendahara - Sri Novrianty SH MH

Bidang-bidang

11. Bidang Organisasi dan Keanggotaan - Tri Prakoso Yudhanto
12. Bidang Pelatihan dan Pembinaan Anggota - Fidel Fernandez ST
13. Bidang Penelitian dan Pengembangan - Irwandy Ilyas BE
14. Bidang Hukum - Tri Vebriyance SH MH
15. Bidang Hubungan Antar Lembaga - Ir Marcarius Dondy.***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+