Hari Pertama, PPDB SMPN di Pekanbaru Sudah Didaftar Ribuan Calon Peserta Didik

Senin, 26 Juni 2023 - 20:15:33 WIB Cetak

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 tingkat SMP negeri di Pekanbaru, Senin (26/6/2023), sudah tercatat sebanyak 8.600 calon peserta didik yang mendaftar melalui laman ppdbpekanbaru.id.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal menyebutkan, sejauh ini belum ada kendala berarti saat pelaksanaan PPDB SMP negeri tersebut.

"Kendala serius tidak ada. Buktinya sudah 8.600 yang mendaftar, berarti kan sudah bagus," ujarnya, Senin siang.

Namun bagi orangtua calon peserta didik yang masih mendapati kendala saat mendaftarkan anaknya di laman ppdbpekanbaru.id, Jamal menyarankan agar langsung berkonsultasi ke sekolah tujuan.

"Karena di sekolah kita ada siapkan operator, kemudian ada posko (pengaduan). Tapi kalau memang tidak bisa di sekolah, kita juga buka posko di dinas. Posko kita siap melayani masyarakat," tegas dia.

Sementara itu khusus bagi calon peserta didik dari luar daerah dan tamatan Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN), terang Jamal, mereka mesti mendaftar terlebih dahulu di Dinas Pendidikan Pekanbaru.

"Supaya bisa kita kasih nomor PIN nya (agar bisa masuk ke laman ppdbpekanbaru.id)," ujarnya.

Sebab, lanjut Jamal, calon peserta didik yang bisa mendaftar di PPDB online SMP hanya tamatan sekolah dasar (SD) di Pekanbaru yang datanya diambil dari Data Pokok Pendidikan (dapodik).

"Jadi khusus untuk anak dari luar daerah, kemudian yang dari Kemenag seperti MIN, itu harus ke dinas mendaftarnya. Karena kan tidak terdaftar di dapodik, nanti kita bantu mengeluarkan nomor PIN nya," tutup Jamal.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+