Terluas di Rumbai, Karhutla Sudah Hanguskan 31 Hektar Lahan di Pekanbaru

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:01:47 WIB Cetak

Personel BPBD Kota Pekanbaru saat memadamkan api yang membakar lahan kosong di wilayah Kecamatan Kulim, Selasa (1/8/2023).

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mencatat, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi sejak Januari hingga akhir Juli 2023 sudah menghanguskan 31,25 hektar lahan.

"Jadi sudah hampir 32 hektar lahan yang terbakar," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (2/8/2023).

Untuk kebakaran lahan terluas, kata dia, terjadi di Kecamatan Rumbai yang telah mencapai 10,5 hektar dan disusul Kecamatan Binawidya seluas 7,2 hektar.

"Kedua kecamatan ini (Rumbai dan Binawidya) paling banyak terjadi kebakaran lahan. Untuk itu kita ingatkan agar warga lebih waspada," ucapnya.

Agar kebakaran lahan tidak terus meluas apalagi saat ini Ibukota Provinsi Riau tengah memasuki musim kemarau, Zarman juga mengingatkan warga supaya tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Karena dengan suhu atau cuaca yang sangat panas seperti saat ini,  itu dikhawatirkan kebakaran bisa meluas," ujar dia.

Kemudian apabila terjadi kebakaran lahan, warga diminta segera melaporkannya melalui call center BPBD Pekanbaru di nomor 08117651464.

"Setiap laporan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti. Saat ini tim kita terus melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+