Sekdako Pekanbaru dan Ketua KPU Lepas Bendera Kirab Pemilu ke Kampar

Ahad, 04 Juni 2023 - 11:20:07 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, pada pelepasan Bendera Kirab Pemilu ke Kabupaten Kampar, Minggu (4/6/2023).

Betuah Pekanbaru - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan Ketua KPU Anton Merciyanto, melepas Bendera Kirab Pemilu ke Kabupaten Kampar, Minggu (4/6/2023).

"Kami menerima bendera Kirab Pemilu dari KPU Dumai pada 28 Mei. Sejak saat itu hingga tujuh hari, ada tahapan-tahapan sosialisasi yang kami lakukan," ucap Indra Pomi, usai kegiatan.

Selama sepekan penuh itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan KPU Pekanbaru menggelar sosialisasi Pemilu 2024. Sosialisasi itu dilakukan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara (PPS), tokoh masyarakat, pengunjung di mal, kegiatan-kegiatan pemuda, para ketua RT-RW, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Semuanya sudah kami sosialisasikan. Sosialisasi Pemilu ini digelar Badan Kesbangpol bersama KPU. Harapan kami, masyarakat sudah harus demam Pemilu saat ini," harap Indra Pomi.

Karena, Pemko Pekanbaru berkewajiban menggelar Pemilu dengan baik. Sosialisasi ini agar masyarakat bersiap-siap menghadapi pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

"Sosialisasi Pemilu ini guna menggugah partisipasi masyarakat. Tapi, soliditas dan stabilitas keamanan harus tetap dijaga," tutupnya.

Sementara itu Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menyebutkan, Kirab Pemilu adalah kegiatan nasional yang digelar di 8 titik di seluruh Indonesia. Riau merupakan salah satu titik perjalanan Kirab Pemilu.

"Hari ini, kami sandingkan 18 bendera partai politik peserta Pemilu," ujarnya.

Kirab Pemilu sudah bergerak di titik nol Indonesia di pulau Sabang, Aceh, sejak 14 Februari 2022 lalu. Rombongan Kirab Pemilu dari Kalimantan, Kepri, Maluku diperkirakan tiba di Jakarta sebelum 14 Februari 2024. Target Kirab Pemilu adalah meningkatkan partisipasi pemilih setinggi mungkin.

"Pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih cukup tinggi. Catatan KPU Riau, partisipasi pemilih di Pekanbaru mencapai 84 persen," ungkap Ilham.

Partisipasi warga Pekanbaru jauh lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2014 lalu. Mudah-mudahan, tingkat partisipasi pemilih ini bisa dipertahankan.

Kegiatan sosialisasi Pemilu akan digelar selama 7 hari di Pekanbaru. Setelah itu, Kirab Pemilu akan diarak ke Kabupaten Kampar.

Usai dari Kampar, Kirab Pemilu diserahkan ke rekan-rekan KPU di Sumatera Barat, tepatnya di perbatasan Kabupaten Limapuluh Kota. Dari Sumatera Barat, Kirab Pemilu akan dilanjutkan ke Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan berakhir di Jakarta.

"Kami imbau warga Pekanbaru agar dapat memeriahkan tahapan Pemilu ini yang akan dilaksanakan selama sepekan," ucap Ilham.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+